Find Us On Social Media :

Resmi Diluncurkan, Ini Fakta Menarik Flagship Pixel 6 dan Pixel 6 Pro

By Rizal, Kamis, 21 Oktober 2021 | 11:30 WIB

Google Pixel 6

Akhirnya, Google resmi meluncurkan duo smartphone flagship terbarunya Pixel 6 dan Pixel 6 Pro dalam sebuah acara virtual yang digelar Rabu (20/10/2021).

Salah hal menarik dari Pixel 6 dan Pixel 6 Pro adalah SoC-nya yang menggunakan chipset buatan Google sendiri, Tensor.

Padahal, varian Google Pixel sebelumnya konsisten menggunakan SoC Qualcomm Snapdragon varian teratas.

Sebagai informasi, SoC Google Tensor memiliki delapan inti prosesor (CPU) berkecepatan hingga 2,8 GHz, dipadu dengan pengolah grafis (GPU) ARM Mali-G78. Berkat Tensor, Google mengklaim performa CPU Pixel 6 dan Pixel 6 Pro meningkat 80 persen lebih tinggi dibanding pendahulunya, serta 370 persen lebih kencang pada aspek GPU.

SVP Devices dan Services Google, Rick Osterloh mengatakan Tensor adalah inovasi piranti keras terbesar dalam sejarah perusahaannya. "Tensor merupakan wujud hasil kerja keras kami selama bertahun-tahun dalam AI, serta pengalaman kami dalam sektor semikonduktor," ujar Osterloh dalam acara peluncuran.

Desain Pixel 6 dan Pixel 6 Pro juga kini tampak lebih segar. Pada bagian belakangnya, kedua ponsel tersebut hadir dengan modul kamera persegi panjang, alias "Camera Bar" berwarna hitam yang membentang secara horizontal dari ujung ke ujung.

Spesifikasi Google Pixel 6

Google Pixel 6 mengusung layar AMOLED 6,4 inci dengan resolusi Full HD Plus dan refresh rate 90 Hz. Selain chip Tensor, Pixel 6 mengusung RAM 8 GB dan dua pilihan memori internal, yaitu 128 GB dan 256 GB. Baterainya berkapasitas 4.615 mAh dan mendukung pengisian cepat berdaya 30W.

Untuk fotografi, smartphone flagship itu mengusung kamera selfie 8 MP (f/2.0) yang dimuat dalam modul punch hole. Di bagian belakangnya, ada pula dua buah kamera yang terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.9, OIS) dan kamera ultra wide 12 MP (f/2.2). Google mengklaim kamera utama ponsel tersebut mampu menyerap 150 persen lebih banyak cahaya dan menghasilkan foto mode malam, alias Night Sight, yang lebih terang dari kamera di generasi ponsel Pixel sebelumnya.

Spesifikasi Google Pixel 6 Pro

Google Pixel 6 Pro mengusung layar LTPO AMOLED 6,7 inci dengan resolusi QHD Plus dan refresh rate 120 Hz yang bisa menyesuaikan dengan konten yang ditampilkan untuk menghemat daya.

Google Pixel 6 Pro mengusung kamera selfie 11,1 MP (f/2.2) yang juga dimuat dalam modul punch hole di bagian tengah atas layar ponsel. Kamera di bagian belakangnya serupa dengan Pixel 6 tetapi varian "Pro" memiliki satu kamera ekstra, yaitu kamera telefoto 48 MP (f/3.5, OIS) yang memiliki kemampuan pembesaran optis hingga 4x seperti dikutip GSM Arena.

Untuk segi memori, Pixel 6 Pro mengusung RAM 12 GB dan tiga pilihan memori internal yaitu 128 GB, 256 GB, dan 512 GB. Baterainya juga lebih besar dibanding Pixel 6 "reguler" dengan 5.003 mAh. Meski demikian, teknologi pengisian cepatnya masih sama, yaitu 30W.