Find Us On Social Media :

Oppo Bakal Luncurkan HP Lipat Pertamanya Bulan Depan, Ini Bocorannya

By Adam Rizal, Minggu, 24 Oktober 2021 | 09:00 WIB

Oppo Fold

Saat ini vendor smartphone berlomba-lomba menjual HP lipat yang menawarkan banyak inovasi teknologi terkini. Samsung sukses menguasai pasar HP layar lipat dengan varian Samsung Galaxy Z Fold dan Galaxy Z Flip. Disusul, Xiaomi dan Huawei yang menghadirkan HP layar lipat serupa di pasar.

Tak mau ketinggalan, Oppo akan meluncurkan HP lipat pertamanya Oppo Fold pada bulan depan. Soal spesifikasi, Oppo Fold akan memiliki desain mirip Galaxy Z Fold3 dan Huawei X2.

HP layar lipat itu memiliki layar panel LTPO OLED 8 inci dengan kecepatan refresh 120Hz. Oppo Fold akan mengusung SoC Snapdragon 888.

Sama seperti ponsel Oppo lainnya, Oppo Fold akan mengusung sistem operasi Android 11 dengan ColorOS 12. HP layar lipat Oppo itu akan mengusung baterai berkapasitas 4,500 mAh dengan kecepatan 65w seperti dikutip GSM Arena.

Untuk fotografi, Oppo Fold akan mengusung sensor IMX 766 50MP dan sensor 32MP untuk kamera selfie. Tentunya, Oppo akan membenamkan sistem keamanan sidik jari yang kemungkinan besar bakal terletak di balik layar atau berada di bagian samping. 

Tren Masa Depan

Saat ini vendor smartphone mulai menjual HP layar lipat dengan inovasi teknologi lebih canggih. Pasar pun melihat HP layar lipat sangat unik dan berbeda dengan HP yang ada di pasar saat ini.

Tak heran pelan tapi pasti, penjualan HP lipat terus meningkat. Bahkan, firma riset Counterpoint Research memprediksi penjualan HP layar lipat akan meningkat tiga kali lipat dari tahun sebelumnya di dunia.

"Penjualan HP layar lipat diprediksi mencapai 9 juta unit pada tahun 2021," tulis Counterpoint Research seperti dikutip Yonhap.

Samsung memberikan kontribusi terbesar pasar HP layar lipat sebesar 88 persen. Samsung diperkirakan masih akan mempertahankan status pemain utamanya di pasar HP layar lipat.

Samsung juga akan memperkenalkan smartphone lipat barunya, yaitu Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip3 yang memiliki kemampuan multitasking yang luar biasa.

"Kami memperkirakan pengiriman smartphone lipat Samsung pada 2021 akan tumbuh secara signifikan, didorong oleh peningkatan desain dan hardware, serta harga yang kompetitif," kata perwakilan Counterpoint Research.