Find Us On Social Media :

Intel Innovation: Intel Luncurkan Core Generasi ke-12 Alder Lake

By Cakrawala, Senin, 1 November 2021 | 23:15 WIB

Gregory Bryant (Executive Vice President dan General Manager, Client Computing Group, Intel) ketika meluncurkan Intel Core Generasi ke-12 dengan codename Intel Alder Lake untuk desktop di dunia pada Intel Innovation baru-baru ini.

Seperti yang InfoKomputer beritakan di sini, Intel menggelar Intel Innovation untuk pertama kalinya belum lama ini. Pada Intel Innovation 2021 yang disiarkan dari San Francisco Amerika Serikat ke seluruh dunia itu, Intel menyampaikan perihal berbagai tawaran barunya — baik yang telah tersedia saat disampaikan maupun yang akan tersedia. Salah satu yang mencolok adalah lini prosesor terbarunya yang ditujukan untuk klien; lini prosesor yang populer dengan codename Intel Alder Lake. Intel secara resmi meluncurkan lini prosesor tersebut pada Intel Innovation. Mengusung nama resmi Intel Core Generasi ke-12, varian yang resmi diluncurkan adalah yang untuk desktop. Sementara, varian yang untuk mobile seperti laptop, akan menyusul.

Intel menyebutkan Intel Core Generasi ke-12 dengan codename Intel Alder Lake hadir dengan berbagai peningkatan dari generasi sebelumnya. Alhasil, Intel Core Generasi ke-12 untuk desktop yang diluncurkan menawarkan kinerja yang lebih baik dari generasi sebelumnya untuk desktop. Bahkan, Intel mengeklaim flagship dari Intel Core Generasi ke-12 sebagai prosesor terbaik di dunia untuk bermain gim. Terdapat enam SKU (stock keeping unit) yang diluncurkan Intel dan seluruhnya merupakan prosesor yang multiplier-nya tidak dikunci alias lebih mudah untuk di-overclock. Tiga di antaranya adalah varian K dan tiga lagi adalah varian KF. Varian KF sendiri tidak “menyertakan” grafis terintegrasi.

“Hari ini kami bersemangat untuk meluncurkan keluarga Intel Core Generasi ke-12 dari prosesor desktop kami. Ini adalah keluarga prosesor pertama yang dibangun menggunakan process node Intel 7 kami. Ditajuki oleh prosesor Intel Core i9-12900K yang tidak dikunci, yang saya pegang di tangan saya, ia adalah prosesor terbaik di dunia untuk bermain gim,” ujar Gregory Bryant (Executive Vice President dan General Manager, Client Computing Group, Intel). “Peluncuran aneka prosesor desktop ini hanyalah permulaan. Ini, seluruh keluarga Core Generasi ke-12 akan berisikan 60 prosesor yang berbeda yang akan menenagai lebih dari 500 desain, dari desktop berkinerja tinggi sampai laptop ultartipis dan ringan,” tambahnya.

Seperti yang InfoKomputer sampaikan di sini, Intel Core Generasi ke-12 ber-codename Intel Alder Lake menggunakan arsitektur CPU hibrida. Hibrida yang dimaksud adalah menyerupai Intel Core processors with Intel Hybrid Technology atau yang lebih dikenal dengan codename Intel Lakefield, yakni mengandung core CPU dengan dua arsitektur berbeda. Intel Core Generasi ke-12 mengandung core CPU dengan arsitektur ber-codename Intel Golden Cove dan core CPU dengan arsitektur ber-codename Intel Gracemont. Intel Golden Cove adalah yang untuk kinerja, sedangkan Intel Gracemont adalah yang untuk efisiensi. Sebelumnya, Intel Core Generasi ke-11 mengandung core CPU dengan satu arsitektur saja.

Ilustrasi Intel Alder Lake.

Intel mengeklaim pendekatan hibrida yang dilakukannya membuat Intel Core Generasi ke-12 bukan sekadar memberikan kinerja yang lebih tinggi dari generasi sebelumnya, melainkan mencapainya secara lebih efisien dibandingkan pendekatan konvensional. Agar sistem operasi bisa menempatkan beban kerja atau thread pada para core Intel Core Generasi ke-12 secara optimal, Intel menyertakan pula Intel Thread Director. Intel Thread Director berfungsi untuk membantu sistem operasi menempatkan suatu beban kerja pada core yang paling optimal sesuai dengan kondisi saat itu. Dengan kata lain, Intel Thread Director bisa membantu mendapatkan kinerja terbaik dari lini prosesor dengan codename Intel Alder Lake tersebut.

Selain itu, Intel Core Generasi ke-12 yang diluncurkan juga sudah mendukung PCI Express 5.0 dan DDR5. PCI Express 5.0 secara teoritis menawarkan bandwidth yang dua kalinya PCI Express 4.0. DDR5 sendiri memungkinkan bandwidth yang lebih tinggi dari DDR4. Sebelumnya, prosesor desktop Intel menawarkan hanya sampai PCI Express 4.0 dan DDR4. Keenam Intel Core Generasi ke-12 yang dimaksud menyediakan 16 lajur PCI Express 5.0 dan tetap menyediakan 4 lajur PCI Express 4.0. Adapun untuk memori utama, Intel Core Generasi ke-12 bersangkutan mendukung secara resmi DDR5 sampai 4.800 MT/s dan mendukung DDR4 sampai 3.200 MT/s. Sementara, jumlah kanal memori utamanya adalah dua.