Find Us On Social Media :

Begini Cara Ganti password Wi-Fi pada Wireless Router dan Smartphone

By Adam Rizal, Jumat, 29 Oktober 2021 | 13:30 WIB

Ilustrasi Pengguna Wifi di Kantor

Saat ini hampir setiap rumah sudah memiliki akses Internet lewat sambungan smartphone, wireless routers, kabel dll.

Kehadiran akses Internet itu mampu meningkatkan produktivitas untuk bekerja dan belajar dari rumah sekaligus menekan penyebaran virus corona.

Tentunya, Anda juga harus berhati-hati ketika sudah memasang wifi di rumah dan pastikan koneksi Internet rumah Anda sudah dilengkapi dengan kata sandi atau password. Karena itu, setiap orang yang ingin terhubung dengan Internet di rumah membutuhkan password. Penggunaan password menjadi sangat penting supaya jaringan Internet di rumah aman dan tidak digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Anda harus mengganti password wifi secara rutin setiap satu bulan sekali supaya memastikan tidak ada orang yang berhasil secara ilegal terhubung ke internet di rumah bisa menggunakan internet Anda kembali.

Apalagi, orang lain yang mengetahui password WiFi serta menggunakannya tanpa izin. Terkadang ada juga tetangga yang ikut mengakses koneksi internet tanpa ikut membayar tagihan internet.

Lantas, bagaimana cara mengganti password?.

Mengubah password WiFi bisa dilakukan melalui PC, laptop, maupun ponsel. Selama perangkat tersebut dapat mengakses browser apapun, misalnya Google Chrome.

Begini caranya:

Tahap pertama yang perlu Anda lakukan adalah terlebih dahulu terhubung dengan internet di rumah. Anda juga harus mengenali merk dan tipe dari router yang Anda miliki supaya bisa mengetahui dan mengakses alamat IP atau IP Address dari router tersebut. Sebagai contoh, untuk router yang terbuat dari Huawei memiliki alamat IP 192.168.8.1 dan untuk router lain pada umumnya memiliki alamat IP seperti 192.168.1.1 atau 192.168.0.1.

Setelah Anda mengetahui alamat IP dari router di rumah, nyalakan komputer lalu bukalah web browser yang Anda miliki, seperti Chrome atau Edge. Masukkan alamat IP tersebut pada kotak search bar yang tersedia pada halaman browser Anda lalu tekan.

Setelah Anda masuk ke dalam halaman pengaturan router, masukkan password dari router yang Anda miliki. Jika pengaturan standar dari router belum Anda ubah, maka username dan password bisa dikosongkan atau berisikan “user” dan “password”. Anda bisa membaca petunjuk di kotak router yang Anda miliki untuk mengetahui username dan password router secara lengkapnya.

Masukkan username dan password pada kolom yang tersedia. Untuk mode default atau belum pernah diganti sebelumnya, masukkan saja ‘user’ pada username dan password.Beberapa jenis router biasanya menggunakan ‘admin’ untuk username dan password default.