Find Us On Social Media :

Google Luncurkan Android 12L untuk Tablet, Layar Lipat, dan ChromeOS

By Adam Rizal, Selasa, 2 November 2021 | 11:00 WIB

Android 12L

Google meluncurkan sistem Android 12L untuk perangkat dengan layar besar seperti tablet, layar lipat, hingga ChromeOS. Huruf L sendiri dimaksudkan sebagai large screen atau layar besar.

Google berjanji akan menyajikan Android 12L setiap tahun dan pengujian baru akan segera tersedia di perangkat seperti Lenovo Tab P12 Pro seperti dikutip GSM Arena.

Saat ini Google mengungkapkan ada 250 juta tablet, perangkat layar lipat, dan ChromeOS yang menjalankan Android.

Android 12L memungkinkan tampilan antarmuka (UI) disesuaikan dengan ukuran layar termasuk fitur seperti notifikasi, quick settings, lockscreen, home screen, dan lainnya.

Android 12L juga memiliki taskbar baru yang memungkinkan pengguna mengganti aplikasi lebih cepat dan fitur split screen.

Google pun telah meminta pengembang untuk memperbarui aplikasi supaya bisa bisa lebih mudah beradaptasi dengan berbagai ukuran layar Android.

Selain itu, Google juga akan memperingatkan pengguna jika masih ada aplikasi di Play Store yang belum dioptimalkan untuk perangkat layar besar.

Fitur Android 12

Google akan memperkenalkan sistem operasi Android 12 dalam konferensi developer Google I/O pada 18-20 Mei mendatang.

Android 12 pertama kali hadir pada Februari lalu dengan status sebagai pratinjau pengembang. Android 12 menawarkan peningkatan performa untuk membuat smartphone Android lebih baik.

Setidaknya ada tiga fitur baru yang akan jadi unggulan di Android 12 seperti dikutip CNET:

1. Fitur Privasi

Google bakal menambahkan beberapa fitur privasi baru ke aplikasi untuk meningkatkan keamanan dan transparansi. Anda akan mendapatkan informasi bahwa cookie dapat digunakan saat menjelajahi situs atau mengubah cara aplikasi dalam merekam data pengguna.