Find Us On Social Media :

Ragam Fitur Windows 11 Bantu Tiga Pelaku Kreatif Ini dalam Berkarya

By Rafki Fachrizal, Jumat, 5 November 2021 | 15:15 WIB

Ilustrasi Windows 11

Bulan lalu, raksasa teknologi Micorosft telah meluncurkan sistem operasi terbarunya yaitu Windows 11. Hari ini (5/11/21), tepat satu bulan sudah Windows 11 hadir di lebih dari 190 negara, termasuk Indonesia.

Kehadiran sistem operasi terbaru ini mendukung masuknya dunia pada era hybrid, di mana bekerja, belajar, dan bermain semakin banyak dilakukan dari rumah, serta secara remote.

Windows 11 dikembangkan untuk mendukung kegiatan terkait digital yang sesuai bagi setiap kebutuhan pengguna. Termasuk di antaranya bagi para pelaku kreatif yang banyak memerlukan ideasi, pengerjaan proyek secara teroganisir, serta kolaborasi.

Tiga orang pelaku kreatif Indonesia, yaitu Dinda Puspitasari, Faza Meonk, dan Raditya Dika merupakan tiga sosok yang telah memanfaatkan langsung berbagai fitur di Windows 11,

Dalam prosesnya, setiap pelaku kreatif memiliki cara kerjanya masing-masing dan rangkaian fitur Windows 11 hadir untuk menjawab setiap kebutuhan tersebut.

Untuk kebutuhan ideasi misalnya, Dinda Puspitasari, fashion illustrator dan founder Dinda Puspitasari Studio mengatakan “Ideasi menjadi salah satu tugas utama saya. Dan untuk ini, saya memerlukan banyak inspirasi serta waktu untuk fokus.”

Dengan memanfaatkan Widgets berbasis kecerdasan buatan di Windows 11, Dinda mengaku menjadi lebih mudah mencari inspirasi karena dapat menemukan materi ataupun berita yang sesuai dengan kebutuhan saya secara lebih mudah, dalam satu sentuhan saja.

“Berbagai saran materi dan berita sudah langsung diberikan kepada saya di Widgets, setelah saya mengatur preferensi di awal. Selain itu, saya juga jauh lebih fokus setelah memanfaatkan Focus Sessions, di mana saya dapat menentukan sendiri target waktu untuk fokus setiap harinya, mematikan notifikasi email ataupun chat selama waktu fokus ini, dan mengintegrasikannya dengan to-do list yang saya miliki,” terang Dinda dalam konferensi pers “A Month with Windows 11” yang digelar Jumat (5/11/2021).

Hasilnya, bersama Windows 11, Dinda berhasil membuat sejumlah merchandise dengan aneka ilustrasi, dalam waktu kurang dari satu bulan.

“Oh ya, yang paling membuat saya terkesima dari Windows 11 juga adalah UI (User Experience) yang clean dan beda dari sebelumnya (Windows 10). Karena UI ini juga, semuanya jadi terasa seamless,” cetus Dinda.

Konferensi pers “A Month with Windows 11” yang digelar Jumat (5/11/2021).

Kemudian untuk kebutuhan eksekusi dan organisir pekerjaan. Dari sisi ini, Faza Meonk, komikus dan animator di balik Si Juki menyatakan bahwa sejak awal memiliki laptop, dirinya telah memilih sistem operasi Windows.

“Bisa dikatakan, Windows adalah rumah yang menaungi perkembangan karakter Si Juki. Seperti halnya saya begitu bangga melihat perkembangan Si Juki dari format komik iseng menggunakan Windows 7 hingga sekarang menjadi animasi yang dikembangkan di Windows 11, saya juga sangat bersemangat melihat perkembangan Windows. Khususnya untuk Windows 11, saya merasa fitur touch dan pen-nya telah menjadi begitu smooth, sehingga sangat memudahkan proses ilustrasi,” papar Faza.