Find Us On Social Media :

Apa Arti dan Asal Usul Logo Meta?

By Adam Rizal, Sabtu, 6 November 2021 | 12:00 WIB

Pendiri dan CEO Facebook Mark Zuckerberg

Facebook resmi melakukan rebranding dengan mengubah namanya menjadi Meta, termasuk mengubang logo perusahaan yang sebelumnya berbentuk ikon 'Like' kini berganti menjadi Meta dengan logo yang menyerupai simbol "infinity" (tidak terbatas).

Lantas apa arti dan asal usul logo baru Meta?

Facebook menjelaskan keistimewaan logo Meta yang menyerupai simbol "infinity" itu. Facebook memilih nama "Meta" karena kata itu bisa berarti "beyond" atau "melampaui", sejalan dengan visi Facebook untuk membangun "Metaverse".

"Dengan metaverse, kita bisa melampaui batasan layar, batas jarak, dan bahkan fisika. Meta adalah pengingat bahwa selalu ada lebih banyak hal untuk diciptakan," tulis Meta.

Untuk mewakili visi Meta, maka Facebook memilih logo menyerupai simbol "infinity".

Yang istimewa, Meta mengatakan, logo ini digambar menggunakan teknologi virtual reality (VR) Quest milik perusahaan sendiri. Proses desain logo perusahaan tidak dilakukan secara tradisional, yakni dalam format dua dimensi saja (2D).

Namun, logo baru Meta sengaja dibuat menjadi logo bergerak dengan gerakan meliuk unik secara terus menerus. Selama pergerakannya, logo ini dapat memberikan kesan 2D dan 3D sekaligus.

Sebenarnya Logo Meta bisa menampilkan bentuk yang berbeda-beda, tergantung perspektif atau sudut pandang orang yang melihatnya. Di satu sisi, logo Meta bisa mirip seperti simbol "infinity".

"Bentuk ini melambangkan cakrawala tak terbatas di Metaverse," tulis pihak Meta.

Dila dilihat dari sisi lain, logo Meta juga menyerupai huruf "M", yang tak lain ialah untuk merepresentasikan nama Meta itu sendiri.

Logo Meta menggunakan tekstur, warna, dan gerakan tanpa batas, guna menangkap kreativitas dan imajinasi dunia 3D. Dunia 3D inilah yang menjadi ide dasar dari Metaverse, visi masa depan Meta.

Simbol Kuno