Find Us On Social Media :

Smart City untuk Keindahan Wisata yang Tersembunyi di Belitung Timur

By Administrator, Senin, 8 November 2021 | 16:15 WIB

Ilustrasi Wisata Geosite Nam Salu di Kabupaten Belitung Timur

Memasuki Kabupaten Belitung Timur, kami disambut dengan suasana kota yang sepi di siang hari. Berbeda dengan gambaran Belitung yang ada dalam kepala, Belitung Timur ternyata jauh lebih sepi daripada Tanjung Pandan, Belitung.

Namun, memasuki Kecamatan Manggar, Belitung Timur, saya melihat bertebaran warung kopi di sepanjang jalan. Walau letaknya saling bersebelahan, tetapi masing-masing punya pelanggan sendiri yang tidak sedikit. Sejauh mata saya memandang, pasti ada warung kopi di sana.

Ternyata, Manggar memiliki julukan sebagai Kota 1001 Warung Kopi. Hal itu didapatkan setelah Manggar berhasil menggelar festival minum kopi dan memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) tahun 2009 silam. Festival yang kala itu digelar di Pasar Manggar dihadiri oleh sekitar 15.000 orang. Namun hal itu bukan merujuk pada kopinya, melainkan budaya minum kopi yang sudah banyak dilakukan oleh masyarakatnya sejak dulu.

Walau terlihat sama, ternyata masing-masing warung kopi yang ada di Manggar memiliki racikan andalan masing-masing. Walhasil, setiap warung kopi memiliki rasa minuman yang berbeda-beda. Hal inilah yang membuat pelanggan betah dan sulit untuk pindah hati jika sudah menemukan racikan yang pas di mulutnya.

Kaya akan Wisata Edukasi

Kala berkunjung ke kantor Bupati Belitung Timur, saya bertemu dengan Bupati Beltim, Drs. Burhanudin dan berbincang dengan beliau. Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Belitung Timur punya banyak destinasi wisata andalan.

"Dari setiap kecamatan yang ada di Belitung Timur, masing-masing memiliki tujuan wisata," jelas Pak Burhanudin. Salah satu contohnya adalah Geosite Nam Salu yang terletak di Kelapa Kampit. Walau konsep wisata yang diangkat adalah edukasi, tetapi tidak tertutup pintu bagi masyarakat umum untuk datang. Di sana, wisatawan dapat melihat kawasan bekas tambang timah bawah tanah yang berbentuk lubang besar dengan danau luas dan indah berwarna hijau di tengah-tengahnya.

Saya sendiri bersama tim sempat mampir ke area bekas tambang ini. Letaknya cukup terpencil dan sulit ditemukan. Untungnya kami dibantu oleh tim lokal sehingga bisa mencapai lokasi Nam Salu dengan mudah. Ketika masuk ke dalamnya, kami langsung disambut oleh beberapa bangunan sederhana dan loket yang menjual tiket masuk. 

Harga tiket masuk untuk domestik Rp50 ribu per orang, sedangkan untuk turis asing Rp100 ribu per orang. Semuanya adalah harga paket, sehingga nantinya akan dapat juga minum, souvenir, geoproduct, kesempatan mencicipi madu trigona atau teran, dan selama tour akan dipandu oleh pemandu khusus yang akan menjelaskan detail Open Pit Nam Salu. Sebelum memulai perjalanan, saya dan tim juga diberikan helm dan vest khusus sebagai pengaman.

Walau harus menempuh perjalanan yang cukup menanjak, tetapi hal itu terbayarkan ketika melihat pemandangan Open Pit Nam Salu yang cantik. Jika Anda adalah pelajar atau mahasiswa pertambangan, tentu akan banyak pertanyaan terlontar. Selain belajar, berfoto dan mengabadikan keindahan Nam Salu adalah hal yang wajib dilakukan.

Beragam Wisata yang Wajib Dikenal Dunia

Ilustrasi Wisata Pantai Burung Mandi di Belitung Timur

Mungkin banyak orang hanya tahu lokasi wisata yang bisa dikunjungi di Belitung Timur adalah replika sekolah Laskar Pelangi. Padahal masih banyak sederet wisata di Belitung Timur yang masih tersembunyi dan harus banyak diketahui orang-orang. Beberapa yang harus dikenal adalah aneka pantainya.