Find Us On Social Media :

Saingi TikTok, Instagram Bagi-bagi Bonus Rp142 Juta ke Kreator Reels

By Adam Rizal, Selasa, 16 November 2021 | 09:00 WIB

TikTok

Popularitas TikTok yang makin meningkat di kalangan ABG membuat Instagram terus memperkaya konten-konten Reels.

Salah satu caranya, Instagram mengajak para kreator untuk memperbanyak konten-konten di Reels dengan memberikan banyak bonus.

Instagram menghadirkan program Reels Play yang memberikan bonus hingga 10.000 dollar AS atau sekitar Rp142 juta ke para kreator konten. Para kreator konten wajib menghasilkan konten video Reels yang menarik dan menghibur.

Instagram akan memcairkan bonus para kreator konten setiap bulannya dan berjanji akan meningkatkan jumlah komisinya secara berkala.

Sayangnya, program bagi-bagi bonus itu baru tersedia untuk sejumlah pengguna di Amerika Serikat (AS).

Para kreator Instagram Reels di Amerika Serikat sudah bisa mengajukan mengikuti program bonus ini sejak bulan lalu.

Sayangnya, Instagram belum menjelaskan kapan program pendanaan ini akan diperluas secara global termasuk untuk pengguna di Indonesia.

Salah satu syarat untuk mendapat bonus itu adalah telah berusia di atas 18 tahun dan sudah memenuhi kebijakan monetisasi platform. Namun, Instagram tidak memberikan rincian lebih lanjut mengenai syarat untuk mendapatkan "bonus" ini.

"Program bonus ini akan meningkatkan penghasilan para kreator konten secara signifikan. Kami berjanji akan meningkatkan jumlah bonus seiring berkembang dari waktu ke waktu," kata Instagram dikutip dari Tech Crunch.

Instagram pun akan mengatur algoritma Instagramnya untuk mendeteksi konten yang memiliki watermark. Hal itu akan mencegah masuknya konten daur ulang dari platform lain seperti TikTok.

Sejumlah kreator Reels di AS pun mengaku bingung dengan penilaian Instagram dalam menentukan besaran bonus yang mereka peroleh dari kontennya.

Instagram tidak menetapkan kategori tertentu untuk video Reels yang akan dinilai dalam program bonus ini.