Find Us On Social Media :

Nih! Jadwal dan Daftar HP dan Tablet Samsung yang Kebagian Android 12

By Adam Rizal, Kamis, 18 November 2021 | 13:30 WIB

Android 12

Google resmi menggulirkan Android 12 sejak pertengahan Oktober lalu. Samsung mulai mengungkapkan nota berisi daftar HP dan tablet Galaxy yang akan mendapat update Android 12 serta jadwal kedatangannya.

Pengguna Twitter dengan akun handge @FronTron sempat menyimpan tangkapan layar nota layanan Samsung yang kini sudah dihapus.

Screenshot nota itu menyebutkan bahwa pembaruan Android 12 bakal dihadirkan lewat update antarmuka One UI 4.0 dan digulirkan paling cepat pada November 2021.

Namun, mengingat nota tersebut kemudian dihapus setelah dipublikasikan, ada juga peluang bahwa jadwalnya masih bisa mengalami perubahan.

Untuk memperbarui OS, pengguna biasanya hanya perlu mengakses menu pengaturan (Settings), klik menu "About Phone", dan klik tombol "Check for Updates". Apabila ada update, maka pengguna bisa meng-klik tombol "Download and Install" untuk memperbarui OS.

OS Android 12 sendiri membawa sejumlah fitur baru dan beberapa peningkatan, khususnya di bagian desain yang kini tampil lebih simpel. Google menyebut bahasa desain baru di Android 12 sebagai "Material You".

Dengan pembaruan itu, pengguna dapat memilih salah satu wallpaper, nantinya sistem akan secara otomatis menyesuaikan warna panel sesuai dengan warna yang dominan dari wallpaper yang dipilih.

Selain desain tampilan, Google turut meningkatkan kinerja Android 12 menjadi lebih responsif dan irit daya. Sistem operasi Android teranyar ini diklaim mampu mengurangi beban kerja prosesor (CPU) hingga 22 persen, serta menghemat penggunaan server sistem hingga 15 persen.

Di Android 12, Google juga menyematkan sejumlah fitur privasi baru ke dalam aplikasi untuk memberi pengguna lebih banyak transparansi dan kontrol terhadap data pribadi mereka.

Samsung mengumumkan bahwa update Android 12 (One UI 4.0) telah siap dirilis untuk seri ponsel Galaxy S 21, sesuai dengan jadwal dari nota tadi.

Daftar perangkat Samsung yang disebut akan mendapat update Android 12 seperti dihimpun XDA Developers:

November 2021: