Find Us On Social Media :

Indonesia Paling Aktif di Reels, Ini 5 Tema Konten Paling Digemari

By Liana Threestayanti, Jumat, 19 November 2021 | 20:30 WIB

Fitur baru Reels.

Reels tumbuh sangat pesat di Indonesia, Instagram membagikan lima konten Reels terpopuler di Indonesia.

Hari ini, Instagram untuk pertama kalinya membagikan daftar tren dan insight menarik seputar Reels melalui kampanye #GerakanReels. Instagram juga akan melakukan uji coba penggabungan format video singkat di Instagram menjadi format Reels.

Sejak diluncurkan bulan Juni lalu, Reels telah menjadi sebuah wadah bagi pengguna Instagram di Indonesia untuk mengekspresikan diri, membuat tren, menjelajahi minat, bahkan mengubah passion menjadi sumber penghasilan.

Dalam kurun waktu lima bulan, Indonesia telah menjadi salah satu negara dengan pembuat konten Reels paling aktif di dunia. Tab Reels juga tercatat berkontribusi secara signifikan terhadap proporsi waktu yang dihabiskan di Instagram secara keseluruhan.

Pieter Lydian, Country Director untuk Meta Indonesia, menyatakan bahwa Reels merupakan bagian besar dari masa depan konten entertainment di Instagram. 

"Dalam kurun waktu kurang dari 150 hari, Indonesia telah menjadi salah satu negara dengan tingkat pertumbuhan Reels tercepat di Asia Tenggara,” ujar Pieter Lydian.

Lima Tema Konten Terpopuler

Apa rahasia di balik kesuksesan Reels di Indonesia. Menurut data internal Instagram, kesuksesan itu karena Reels menghadirkan konten-konten yang dicari pengguna saat ini, yaitu entertainment atau konten yang menghibur. 

Namun, hiburan adalah sesuatu yang bersifat personal dan berbeda bagi setiap orang. Apa yang menghibur bagi seseorang, belum tentu menghibur bagi orang lain. Reels mampu menyajikan konten hiburan yang personal dan sesuai dengan apa yang disukai pengguna.

Inilah lima tema konten Reels yang populer di tanah air:

1. Komedi

Orang Indonesia suka tertawa dan hal tersebut juga tercermin di Reels. Dan Reels membukakan peluang bagi para kreator baru untuk konten komedi, seperti @arditerwandha, @kathypermata, @kristo.immanuel, @muhadkly, dan @vennyadisuryo. Para kreator ini dinilai kreatif oleh Instagram  dalam memanfaatkan kekuatan video berdurasi singkat untuk membuat konten lucu dan menghibur.