Find Us On Social Media :

Kini Google Meet Bisa Tampung 500 Orang Sekaligus, Ini Syaratnya

By Rizal, Jumat, 19 November 2021 | 09:00 WIB

Google Meet

Google baru saja memberikan update aplikasi video conferencing Google Meet yang memungkinkan pengguna menampung hingga 500 peserta meeting sekaligus. Pembaruan itu akan meluncur secara merata dalam beberapa hari ke depan.

Google menegaskan peningkatan kapasitas Google Meet itu hanya berlaku untuk pengguna paket layanan Google Workspace Business Plus, Enterprise Standard, Enterprise Plus, dan Education Plus.

Sementara pengguna Business Starter, Frontline, Education Fundamentals, Education Standard, dan G Suite Basic masih dibatasi hanya bisa menampung 100 peserta meeting saja. Pengguna layanan Business Standard, Enterprise Essentials, Essentials, G Suite Business, dan Nonprofits bisa mengadakan meeting dengan kapasitas peserta yang sedikit lebih besar, yakni hingga 150 pengguna.

"Dengan meningkatkan ukuran meeting, kami berharap Anda akan lebih mudah untuk terhubung dan berkolaborasi dengan kolega, klien, dan pelanggan," tulis Google sebagaimana dihimpun Blog Google.

Selain menambah kapasitas peserta pada layanan Google Meet, Google juga menambahkan fitur live streaming yang memungkinkan pengguna untuk menyiarkan video secara langsung kepada 100.000 penonton sekaligus.

Fitur live streaming di Google Meet sendiri baru akan tersedia bagi pelanggan Enterprise Plus, Enterprise Standard, Education Plus, dan Teaching dan Learning Upgrade.

Hanya 60 Menit

Google memastikan fitur panggilan video Google Meet kini tak lagi gratis dan dibatasi selama 60 menit. Sebagai catatan, pembatasan video call ini hanya berlaku untuk panggilan grup yang melibatkan tiga orang atau lebih. Untuk video call dua orang, pembatasan ini tidak berlaku.

"Saat menit 55, semua orang akan mendapatkan notifikasi bahwa panggilan akan berakhir. Untuk memperpanjang, host mesti upgrade akun mereka. Jika tidak, panggilan akan berakhir pada menit ke-60," kata Google, dikutip dari NDTV.

Sebelumnya, Google Meet bisa dinikmati semua pengguna secara gratis tanpa perlu berlangganan. Aplikasi ini dikenalkan Google untuk semua pengguna pada April 2020 lalu, tak lagi terbatas untuk pelanggan Enterprise atau Education.

Selanjutnya pemberlakuan pembatasan kembali diperpanjang hingga 30 Juni kemarin. Penundaan pembatasan panggilan ini disebabkan lantaran dunia masih dilanda pandemi Covid-19.

Untuk berlangganan akun Google, Ansa membayar 9,99 dolar AS atau Rp 145.000 per bulan. Namun, Google menerapkan diskon 20 persen menjadi 7,99 dolar AS atau Rp 116.000 per bulan hingga Januari 2022.