Find Us On Social Media :

LG Kenalkan Monitor UltraFine dan UltraWide Baru di Indonesia

By Cakrawala, Sabtu, 20 November 2021 | 10:00 WIB

LG memperkenalkan monitor UltraFine dan UltraWide baru di Indonesia. Dua di antaranya adalah LG UltraFine 27UP850 dan LG UltraWide 34WN80C.

LG Electronics dua hari lalu memperkenalkan empat monitor baru di Indonesia. Dua dari monitor tersebut masuk ke dalam lini LG UltraFine dan dua lagi masuk ke dalam lini LG UltraWide. LG menyebutkan UltraFine menitikberatkan pada kemampuan memberikan tampilan dengan detail dan warna yang lebih kaya, sedangkan UltraWide menitikberatkan pada kemampuan memberikan “ruang kerja” yang lebih luas.

LG pun mengeklaim keempat monitor barunya itu bisa menjawab kebutuhan anggota-anggota masyarakat tanah air yang menjadi sasarannya. Kedua monitor baru yang masuk lini LG UltraFine misalnya mendukung color gamut yang luas, sedangkan kedua monitor baru yang masuk lini LG UltraWide hadir dengan rasio aspek yang lebih lebar dari rasio aspek monitor kebanyakan.

Selain itu, sebagian dari monitor yang dimaksud juga menyediakan porta USB Type-C yang mendukung pengisian daya. Pada sebagian monitor tersebut, ketika menggunakan USB Type-C untuk menghubungkannya dengan laptop atau 2 in 1 yang sesuai, laptop maupun 2 in 1 bersangkutan bisa sekaligus diisi ulang energi baterainya. Dengan kata lain lebih praktis. Namun, seluruh monitor yang dikenalkan tentu memiliki porta HDMI dan DisplayPort.

Kemudahan penggunaan para monitor yang dimaksud sejalan dengan kampanye LG untuk meningkatkan meja [kerja] dengan layar kedua — disebut LG dengan second screen monitor. Layar pertama sendiri adalah layar pada laptop atau 2 in 1. Dengan layar kedua yang lebih besar, pekerjaan yang dikerjakan bisa dilakukan secara lebih efisien; bisa meningkatkan produktivitas.

“Multimedia canggih dengan peningkatan teknologi layar yang berpadu dengan konektivitas lengkap membuat monitor LG ini siap menjadi rekan yang dapat diandalkan dalam menyelesaikan pekerjaan, sekaligus memberikan pengalaman lebih baik dalam gaming terkini,” ujar Riki Siauw (Head Sales and Marketing IT, LG Electronics Indonesia).

“Kami sedang mengkampanyekan monitor sebagai second screen monitor. Artinya di mana pun Bapak Ibu berada, ketika berada di kantor atau di rumah, Bapak Ibu bisa dengan nyaman bekerja untuk meningkatkan produktivitas dengan menggunakan monitor tambahan,” sebut Martin Sutjiadi (Product Manager IT, LG Electronics Indonesia).

Adapun keempat monitor yang diperkenalkan LG tersebut adalah LG 27UP850, LG 27UP600, LG 34WN80C, dan LG 34WP65G. LG 27UP850 dan LG 27UP600 merupakan LG UltraFine dan LG 27UP850 adalah varian yang lebih tinggi. Sementara, LG 34WN80C dan LG 34WP65G merupakan LG UltraWide.

LG UltraFine 27UP850

LG UltraFine 27UP850 hadir dengan layar berukuran diagonal 27 inci. Ukuran yang relatif besar, apalagi dibandingkan layar laptop maupun 2 in 1. Bezel-nya pun tipis, khususnya pada sisi kiri, kanan, dan atas. Panel yang digunakan adalah IPS dengan resolusi 3.840 x 2.160 piksel. Color gamut-nya sendiri diklaim sebesar 95% color space DCI-P3 dan kedalaman warna per kanalnya diklaim 10 bit.

LG 27UP850 juga mendukung antara lain HDR10, VESA DisplayHDR 400, AMD FreeSync, Black Stabilizer, dan Dynamic Action Sync. HDR10, VESA DisplayHDR 400, dan AMD FreeSync tentunya sudah cukup lazim hadir pada berbagai monitor masa kini. Sementara, Black Stabilizer adalah untuk meningkatkan tampilan saat menampilkan gambar yang gelap dan Dynamic Action Sync adalah untuk mengurangi input lag.