Find Us On Social Media :

MediaTek Executive Summit 2021: SoC Flagship MediaTek Dimensity 9000

By Cakrawala, Kamis, 2 Desember 2021 | 10:00 WIB

MediaTek Dimensity 9000.

MediaTek beberapa waktu lalu telah menggelar Executive Summit 2021. Pada acara yang digelar secara hibrida di Amerika Serikat itu, MediaTek menyampaikan keberhasilan yang berhasil dicapainya serta mengenalkan beberapa produk barunya yang (akan) hadir untuk meneruskan keberhasilannya tersebut. Salah satu keberhasilan yang paling dibanggakan MediaTek adalah menjadi vendor SoC smartphone dengan pangsa pasar terbesar di dunia. Sementara, salah satu produk baru yang diperkenalkan MediaTek adalah Dimensity 9000.

MediaTek mengeklaim berhasil menjadi vendor SoC — populer disebut chipsetsmartphone nomor wahid sejak kuartal ketiga tahun 2020, setidaknya berdasarkan studi Counterpoint Research. Adapun untuk Dimensity 9000, MediaTek menegaskan Dimensity 9000 merupakan SoC kelas flagship untuk smartphone. Dimensity 9000 akan melengkapi portofolio SoC smartphone MediaTek yang selama ini bisa dibilang tanpa kelas “flagship”.

“Dari tahun 2019 — merupakan tahun pertama kami mengadakan Executive Summit kami — ke tahun 2021, pendapatan kami menjadi lebih dari dua kalinya dalam dua tahun itu; dari [US$] 8 miliar menjadi [US$] 17 miliar. Sementara, margin operasi kami; 5x; margin operasi, [US$] 0,7 miliar menjadi [US$] 3,8 miliar. Peningkatan yang luar biasa, kemajuan yang luar biasa. Lagi, ini adalah [berbagai] teknologi yang kami ubah menjadi aneka produk dan layanan hebat untuk para konsumen kami dan memberikan kami pendapatan dan keuntungan yang dimaksud,” ujar Rick Tsai (Chief Executive Officer, MediaTek) sembari menegaskan MediaTek akan terus berinvestasi untuk masa depan seperti halnya lebih dari US$3 miliar untuk penelitian dan pengembangan pada tahun 2021 ini.

“Adalah sangat menggembirakan bagi kami semua bahwa kami hendak memperkenalkan SoC flagship kami untuk tahun 2022, ini adalah Dimensity 9000 kami. Ini merupakan hal yang sangat berarti bagi kami, ini merupakan suatu langkah yang sangat signifikan bagi MediaTek dan merupakan milestone bahwa kami melakukan suatu lompatan yang signifikan ke suatu level baru dan kami pikir juga merupakan langkah yang sangat penting bagi para konsumen kami berhubung saat ini, mulai sekarang mereka memiliki suatu solusi yang hebat untuk membangun smartphone mereka yang fantastis serta membawa semangat dan pengalaman pengguna terbaik ke konsumen akhir,” sebut JC Hsu (Corporate Vice President, MediaTek).

Menurut Counterpoint Research, pangsa pasar global MediaTek untuk SoC smartphone pada kuartal ketiga tahun 2020 adalah sebesar 31%.  Pangsa pasar itu pun bertumbuh menjadi 43% pada kuartal kedua tahun 2021. MediaTek meyakini akan tetap mempertahankan posisinya sebagai vendor SoC smartphone nomor wahid selama tahun 2021.

Diagram blok MediaTek Dimensity 9000 dan spesifikasi CPU, GPU, dan APU-nya.

Sementara, MediaTek Dimensity 9000 hadir dengan arsitektur Arm paling tinggi terkini untuk SoC smartphone. Seri Dimensity merupakan seri SoC MediaTek yang menawarkan modem 5G secara terintegrasi. Meski varian tertinggi Dimensity merupakan varian tertinggi dari SoC smartphone MediaTek, varian terbarunya (sebelum Dimensity 9000) bisa dibilang tidak menggunakan arsitektur Arm paling tinggi untuk SoC smartphone yang tersedia.

MediaTek Dimensity 9000

MediaTek Dimensity 9000 hadir dengan CPU yang mengandung single core Arm Cortex-X2 sampai 3,05 GHz, triple core Arm Cortex-A710 sampai 2,85 GHz, dan quad core Arm Cortex-A510 sampai 1,8 GHz. CPU tersebut dilengkapi pula dengan cache L3 sebesar 8 MB dan cache tingkatan sistem sebesar 6 MB. Sementara, untuk GPU-nya, MediaTek Dimensity 9000 hadir dengan Arm Mali-G710 MC10. MediaTek Dimensity 9000 dilengkapi pula dengan APU (AI Processing Unit) Generasi ke-5 yang mengandung empat performance core dan dua flexible core. Selain itu, MediaTek Dimensity 9000 mendukung memori utama sampai LPDDR5X-7500.