Find Us On Social Media :

AMD: Kerja Hybrid Butuh Performa Tangguh dan Baterai Tahan Lama

By Dayu Akbar, Senin, 22 November 2021 | 16:32 WIB

Pengguna yang sering beraktivitas dengan berpindah tempat, seperti kantor, rumah, atau dimanapun diantaranya, menjadikan daya tahan baterai laptop sebagai hal yang tidak kalah penting.

Efisiensi daya maksimum memastikan pengguna dapat menikmati ketahanan daya baterai yang lama untuk tetap terhubung, terus berkreasi, dan berkolaborasi lebih lama sebelum mencari tempat untuk mengisi ulang daya.

Komponen yang haus daya seperti layar OLED, keyboard dengan lampu latar, dan aplikasi intensif CPU semuanya membuat tuntutan besar pada ketahanan baterai, bahkan saat pengguna menginginkan perangkat yang jauh lebih baik dan daya tahan lebih lama.

Sementara itu, perangkat semakin tipis dan ringan, dan membutuhkan rekayasa luar biasa untuk mencapai tujuan kinerja dan masa pakai baterai sebagai persaingan.

Inovasi untuk masa pakai baterai

Menjawab tantangan ini, AMD menghadirkan desain inovatif untuk performa tinggi dan sasaran efisiensi baterai ke dalam setiap produk generasi baru, termasuk prosesor mobile AMD Ryzen PRO 5000 Series. Peningkatan performa-per-watt membutuhkan pendekatan baru dalam proses dan desain manajemen daya.

AMD Ryzen 5000 PRO Series memberikan keuntungan besar di kedua area ini melalui fokus yang cermat pada teknologi proses fabrikasi yang lebih canggih, power gating dan manajemen daya yang lebih agresif, dan sistem daya keseluruhan yang lebih efisien.

Beberapa dari peningkatan ini secara langsung diaktifkan oleh perpindahan AMD ke 7nm, yang secara inheren menurunkan konsumsi daya prosesor dan meningkatkan daya baterai dibandingkan dengan node proses yang lebih besar.

Selain itu, arsitektur "Zen 3" memungkinkan chip untuk mematikan fungsi prosesor yang tidak diperlukan oleh beban kerja saat ini, menurunkan konsumsi daya secara keseluruhan tanpa memengaruhi pengalaman pengguna.

Hal tersebut dan inovasi lainnya telah memungkinkan AMD untuk mencapai peningkatan generasi yang substansial dalam cara platform memberikan daya ke prosesor dan komponen lainnya. Keuntungan desain ini dapat mengurangi kehilangan daya sistem secara keseluruhan, yang dapat menjadi signifikan.

Dioptimalkan untuk skenario penggunaan beragam