Find Us On Social Media :

Lima Besar Pabrikan Smartphone Global, Samsung dan Apple Terdepan

By Adam Rizal, Jumat, 26 November 2021 | 11:30 WIB

Samsung Galaxy Z Fold 3

Firma riset pasar Gartner melaporkan penjualan smartphone global untuk kuartal III-2021. Penjualan smartphone secara langsung ke konsumen mengalami penurunan sebesar 6,8 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Namun, sebagian besar vendor smartphone mengalami pertumbuhan satu digit secara year over year (YoY).

Samsung masih kokoh di puncak klasemen dengan menguasai 20,2 persen pangsa pasar di kuartal III-2021.

Dalam periode tersebut, Samsung menjual 69 juta unit smartphone secara global walaupun pangsa pasar Samsung turun 1,9 persen secara YoY. Penjualan Samsung yang menguat didorong oleh duo ponsel lipat yakni Galaxy Z Flip3 dan Galaxy Z Fold3.

Apple sukses menempati posisi kedua usai menggeser Xiaomi. Apple tercatat menguasai pangsa pasar sebesar 14,2 persen dengan total penjualan 48 juta unit.

Apple mengalami lonjakan permintaan berkat peluncuran iPhone 13 yang menawarkan sejumlah peningkatan dibanding pendahulunya.

Apalagi, Apple juga mengubah strategi di kanal online dan menggelar program trade in untuk mengakselerasi permintaan iPhone 5G.

Xiaomi harus puas di posisi ketiga dengan pangsa pasar 13 persen dengan total penjualan 44,4 juta. Xiaomi sangat mendominasi di penjualan online dan di pasar Eropa dan Timur Tengah.

Di posisi keempat dan kelima ada Vivo dan Oppo. Vivo meraup pangsa pasar 10,5 persen dan penjualan sebanyak 36 juta. Oppo menguasai 33,6 persen pangsa pasar dengan total penjualan sebanyak 33,6 juta unit.

Xiaomi, Vivo, dan Oppo masing-masing mengalami peningkatan pangsa pasar sebesar 1 persen, 2,4 persen, dan 1,7 persen dari tahun ke tahun secara berurutan. Begitu pula dengan Apple yang mengalami peningkatan sebesar 3,1 persen.

Kelangkaan chipset

Krisis kelangkaan chipset masih menjadi momok bagi vendor smartphone hingga penghujung tahun 2021.