Find Us On Social Media :

Huawei ICT Outlook 2022: Huawei Siap Bantu Indonesia Hadapi Masa Depan

By Cakrawala, Jumat, 3 Desember 2021 | 23:50 WIB

Jacky Chen (CEO Huawei Indonesia) ketika memulai lokakarya bertajuk 'ICT Outlook 2022' yang digelar Huawei pada acara Huawei Indonesia Media Camp 2021 di Raja Ampat, Papua Barat baru-baru ini.

Pandemi COVID-19 menurut berbagai pihak telah mengakselerasi transformasi digital di berbagai belahan dunia. Begitu pula halnya di Indonesia. Tak hanya itu, pandemi COVID-19 juga telah menegaskan pentingnya teknologi digital, serta sejalan dengan itu ekonomi digital. Pemanfaatan teknologi digital contohnya menjadi salah satu kunci dari pemulihan ekonomi akibat wabah COVID-19 di Indonesia.

Huawei pun berkomitmen terus membantu Indonesia bertransformasi digital, memanfaatkan teknologi digital untuk maju. Huawei berkomitmen membantu Indonesia menjadi lima besar ekonomi dunia pada tahun 2045 sesuai dengan Visi Indonesia 2045. Hal-hal itu terungkap pada lokakarya bertajuk “ICT Outlook 2022” yang digelar Huawei pada acara Huawei Indonesia Media Camp 2021 di Raja Ampat, Papua Barat minggu lalu.

Huawei mengeklaim sejak kehadirannya di Indonesia pada tahun 2000, Huawei terus memperkuat komitmennya untuk berkontribusi dalam kemajuan Indonesia. Hal itu antara lain ditegaskan Huawei melalui kampanye “I Do” yang diluncurkannya beberapa waktu lalu. Terdapat empat I Do yang menjadi pilar, yakni “I Do Create”, “I Do Contribute”, “I Do Collaborate”, dan “I Do Care”. Huawei pun menyebutkan keingingannya membangun secara bersama-sama Indonesia yang sepenuhnya terkoneksi serta lebih pintar dan hijau.

Pada I Do Create, Huawei mengeklaim membangun koneksi untuk semuanya, seperti halnya pada tempat terpencil, bersama para operator telekomunikasi seluler tanah air. Pada I Do Contribute, Huawei berkontribusi membangun ekosistem seperti mengembangkan talenta digital bersama pemerintah untuk mendukung Indonesia 2045. Pada I Do Collaborate, Huawei berkolaborasi dengan berbagai pihak seperti para entitas bisnis untuk mendukung transformasi digital di Indonesia. Sementara, pada I Do Care, Huawei mendukung komunitas lokal tanah air contohnya dengan memberikan bantuan saat komunitas bersangkutan dalam kesusahan.

“Tahun ini adalah ulang tahun kami yang ke-21. Kami [Huawei Indonesia] sudah berada di Indonesia selama 21 tahun,” ujar Jacky Chen (CEO Huawei Indonesia). “Untuk membangun Indonesia yang sepenuhnya terkoneksi, berorientasi 5G, lebih cerdas, digital, dan hijau. Ini adalah bisnis kami di Indonesia,” tambah Jacky Chen menjelaskan mengenai visi Huawei Indonesia.

“Investasi 20% di ICT naikin 1% GDP,” sebut Mohamad Rosidi (Director ICT Strategy & Business Huawei Indonesia). “Yang kedua adalah ICT investasi ternyata 6,7 kali lipat return-nya daripada non-ICT. Besar juga. Satu lagi, bahwa ternyata digital economy growth 2,5 kali lipat daripada pertumbuhan ekonomi global biasa,” imbuh Mohamad Rosidi sembari menambahkan bahwa semuanya terakselerasi karena pandemi COVID-19 dan teknologi digital bisa dibilang menjadi mesin ekonomi baru.

Huawei meyakini pula dirinya bisa berkontribusi membantu Indonesia dalam berbagai area atau bidang pada masa depan, misalnya melalui produk yang ditawarkannya. Huawei siap membantu Indonesia menghadapi tahun 2022 dan sesudahnya. Tiga di antara area yang dimaksud adalah infrastruktur TIK alias infrastruktur ICT, green energy, dan talenta digital.