Find Us On Social Media :

Jajal Fitur Lark, Aplikasi Kolaborasi Pendukung Kerja Hybrid dan WFH

By Dayu Akbar, Selasa, 30 November 2021 | 12:30 WIB

Lark hadirkan berbagai alat untuk kolaborasi pada satu tempat.

Di masa pandemi, penerapan WFH maupun Hybrid Work sudah menjadi hal yang biasa. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, misalnya saja kebutuhan bagi tim, grup, atau bahkan bagi seluruh perusahaan.

Banyak perusahaan akhirnya mengubah praktek manajemen sekaligus meningkatkan sistem Teknologi Informasi (TI), termasuk menentukan aplikasi mana yang digunakan untuk kolaborasi dan komunikasi.Untuk itu, Lark menawarkan solusi yang memudahkan pengguna memanfaatkan segala kebutuhan dalam satu aplikasi saja. Lark menjelaskan dirinya sebagai sebuah platform kolaborasi yang bisa membantu setiap penggunanya untuk tetap saling terhubung, di mana pun mereka berada, secara real-time.

Lark menyediakan banyak aplikasi dalam satu aplikasi utama. Dengan fitur lengkap, Lark memberikan pilihan kepada pengguna untuk mencoba aplikasi selain yang biasa digunakan guna meningkatkan produktifitas dalam berkolaborasi dengan kolega.Lark menyediakan berbagai fitur seperti Messenger, Meetings, Docs, Calender, Contacts, dan Email yang terintergrasi. Dengan Lark, pengguna bisa menemukan berbagai layanan untuk kolaborasi pada satu tempat.

Baca Juga: Tiga Perusahaan Ini Rasakan Manfaat Solusi Kolaborasi dari Lark

Aplikasi Lark

Lark memiliki fleksibilitas yang bagus karena tersedia dalam sistem operasi desktop dan mobile. Untuk desktop, aplikasi Lark tersedia untuk komputer berbasis Windows dan MacOS. Anda bisa mengunduh dan memasang aplikasi terlebih dahulu ke sistem operasi yang digunakan.

Untuk versi Windows, ukuran file instalasinya sekitar 152 MB. Sedangkan untuk versi MacOS file-nya berukuran 287 MB. Pilihan lainnya, Anda bisa login ke akun secara langsung menggunakan peramban dari situs resminya di www.larksuite.com. Sementara untuk aplikasi mobile tersedia juga untuk platform berbasis Android dan iOS.

Lark bisa digunakan secara gratis dan juga ditawarkan dalam versi berbayar. Menariknya, versi berbayar memiliki fitur-fitur yang hampir sama dengan versi berbayarnya. Diantara yang membedakan dari sisi fitur adalah kapasitas email yang dibatasi hingga 500GB dan cloud stoarge yang hanya 200GB untuk versi gratis. Sedangkan versi berbayarnya mendapatkan kapasitas unlimited pada kedua fitur tersebut.Kami sendiri mencoba Lark versi desktop Windows dan mendapati beberapa fitur berikut ini:MessengerAgar pengguna lebih mudah berkomunikasi, Lark menyediakan fitur yang namanya Messenger. Fitur ini ada di urutan pertama pada aplikasi Lark. Menariknya fitur pada Messenger ini cukup banyak. Tidak hanya untuk chat ke sesama pengguna ataupun tim saja, tetapi juga Anda dapat melakukan hal lain. Misalnya mengatur jadwal rapat, memeriksa jadwal kalender, menyusun daftar kontak, dan lain-lain. Agar makin memudahkan, tersedia pula Lark Assistant yang akan memeberikan panduan untuk hal-hal yang bisa Anda lakukan.

Lark juga menyebutkan Messenger-nya bisa menerjemahkan pesan secara otomatis dari lebih dari seratus bahasa ke dalam bahasa Inggris, Cina, Jepang, dan Thailand. Begitu pula dengan "fitur" umum aplikasi perpesanan seperti menelepon dan mengirim dokumen.

MeetingsFitur ini memiliki fungsi mirip dengan Zoom atau Google Meet. Anda bisa melakukan online meeting atau virtual conference hingga 100 pengguna tanpa batasan waktu. Lark Meetings terintegrasi pula dengan fitur Calender, Messenger dan Docs, sehingga makin memudahkan untuk bertatap muka secara virtual dan berkolaborasi dengan tim sesuai dengan jadwal yang dibuat ataupun saling bertukar dokumen.

Pengguna juga bisa memanfaatkan fitur yang disebut magic share. Dengan magic share, pengguna bisa membagikan screen yang akan ditampilkan atau saling mengirim dokumen dan menyuntingnya secara bersama-sama, sembari tetap melakukan konferensi video. Dengan kata lain, Lark Meetings sangat menunjang kolaborasi real-time.