Find Us On Social Media :

Lima Langkah Gunakan Telegram Ad Platform untuk Tingkatkan Penjualan

By Liana Threestayanti, Selasa, 30 November 2021 | 11:06 WIB

Lima langkah menggunakan Telegram Ad Platform untuk membantu tumbuhkan bisnis.

Saat situasi pandemi di Indonesia berangsur-angsur membaik, para pebisnis pun mulai menyusun strategi untuk menumbuhkan kembali usahanya. Melihat peluang ini, Telegram menawarkan Ad Platform untuk membantu para pebisnis di tanah air. Ini langkah mudah menggunakannya.  

Telegram Ad Platform merupakan satu medium untuk menyampaikan pesan bersponsor di kanal publik yang dikunjungi lebih dari 1000 user atau pelanggan. Telegram menjanjikan kemudahan dalam mengelola iklan dan anggaran, memilih di mana iklan akan ditampilkan, sampai kemudahan memantau performa iklan.

Komunitas TON Indonesia di Telegram menjadi pengiklan pertama di platform yang baru saja diluncurkan di Indonesia ini. Melalui Telegram Ad Platform, komunitas TON Indonesia mempromosikan kanalnya ke ratusan komunitas online cryptocurrency Indonesia yang ada di Telegram.

Bagaimana cara menggunakan Telegram Ad Platform? Cukup lakukan lima langkah berikut.

  1.   Logging in (masuk) 

Untuk mulai membuat iklan di Telegram, Anda harus masuk (login) terlebih dahulu. Untuk itu, Anda harus memiliki akun Telegram yang sudah terdaftar. Setelah memiliki akun, masukkan nomor telepon akun Anda di halaman login. Anda akan langsung menerima pesan di Telegram (dari akun layanan terverifikasi kami) untuk mengonfirmasi login ke platform.  

  1.   Memilih akun 

Setelah masuk ke Telegram, Anda dapat melanjutkan dengan Akun Pribadi atau dengan membuat sebuah Organisasi. Organisasi dibangun di sekitar Grup dan Channel Telegram – menghubungkan grup atau channel Anda sebagai sebuah organisasi sehingga semua admin dalam chat tersebut dapat mengelola iklan yang dibuat oleh Organisasi.  

  1.   Membuat iklan 

Klik 'Buat iklan baru' untuk memulai membuat iklan. Selanjutnya, Anda akan melihat template dengan beberapa field/kolom yang harus diisi, seperti memberi Judul, Teks, dan URL pada iklan. Semua tautan/link yang disertakan pada kolom Teks dan URL harus terhubung ke saluran atau bot di Telegram, menggunakan format t.me/link atau @link. Namun tautan ke situs eksternal tidak diperbolehkan. Tautan yang dimasukkan di kolom URL akan ditambahkan ke tombol di bawah pesan sponsor Anda. Jika disertakan dalam teks, tautan tersebut harus mengarah ke tujuan yang sama dengan tautan di kolom URL. 

  1.   CPM dan anggaran iklan

Setelah teks pesan sponsor selesai dibuat, Anda dapat menetapkan Cost-Per-Mille (CPM) untuk iklan, yang merupakan harga untuk seribu views dalam iklan. CPM minimum untuk pesan bersponsor adalah €2 atau setara dengan Rp 32.634.  Anggaran iklan adalah jumlah dana yang Anda bersedia alokasikan untuk pesan sponsor tertentu. Pesan sponsor akan terus ditampilkan hingga mencapai jumlah yang Anda tetapkan.  

Untuk meningkatkan anggaran iklan, buka atau klik menu anggaran langsung dari beranda Anda. Sedangkan untuk mengurangi anggaran iklan, hentikan dan hapus iklan, dana yang tersisa akan dikembalikan ke anggaran Anda secara menyeluruh. 

  1.   Menambahkan dana 

Saat pertama kali membuat iklan,  Anda mungkin belum memiliki dana di akun Anda. Ketika mencoba membuat iklan, Anda mungkin melihat pesan 'Saldo Anda terlalu rendah' di bawah menu Anggaran. Klik 'Tambah Dana' untuk memasukkan saldo ke akun Anda, sementara  iklan akan disimpan sebagai draft sehingga Anda dapat dengan mudah mempublikasikannya nanti. Anda juga dapat memublikasikan iklan tanpa anggaran. Setelah itu Anda dapat mengeklik kembali jika sudah siap meluncurkannya.  

Untuk lebih menyesuaikan saluran mana yang dapat men-ghosting iklan, pilih bahasa dan topik yang sesuai dengan pembaca Anda, misalnya saluran Indonesia yang terkait dengan Film dan Musik. 

Anda dapat menggabungkan beberapa bahasa dan topik, atau bahkan mengosongkan kolom sesuai preferensi Anda. Jika ingin pesan sponsor Anda muncul dalam channel individu tertentu, Anda dapat memasukkannya melalui tautan unik, seperti t.me/durov.