Find Us On Social Media :

Review Dell G15 Ryzen Edition: Terjangkau untuk Laptop Bermain Gim

By Dayu Akbar, Selasa, 30 November 2021 | 23:00 WIB

Dell G15 Ryzen Edition.

Untuk segmen bermain gim alias gaming, Dell punya dua lini produk laptop yaitu seri Alienware dan seri G. Jika seri Alienware menyasar segmen pemain gim yang lebih serius, seri G ditujukan untuk pemain gim kasual yang punya bujet lebih terbatas. Salah satu seri paling anyar dari seri G yang diluncurkan Dell untuk pasar Indonesia adalah G15 Ryzen Edition.

Dari penamaannya sendiri jelas bahwa prosesor yang digunakannya adalah AMD Ryzen. Dan unit yang kami uji menggunakan salah satu dari Ryzen seri 5000 yang kencang yaitu Ryzen 7 5800H. Sebagai tandem, Dell G15 Ryzen Edition menggunakan memori utama 16 GB dengan mode kanal ganda dan media simpan SSD M.2 512 GB dengan antarmuka PCI Express 3.0 x4 dan NVMe.

Sebagai laptop bermain gim yang relatif terjangkau, Dell G15 Ryzen Edition menggunakan GPU NVIDIA GeForce RTX 3050 Ti dengan memori lokal 4 GB. Kartu grafis tambahan ini memang menjadi solusi bagi yang ingin bermain gim, tetapi punya dana terbatas. Apalagi RTX 3050 Ti memiliki CUDA core lebih banyak dibanding RTX 3050 non-Ti.

Bagian luar laptop ini menggunakan material berbahan plastik dengan motif menarik dengan lapisan kesat sehingga tidak mudah kotor oleh jari maupun tangan.

Meski tidak segahar Alienware, nuansa bermain gim tetap terasa pada desain Dell G15 Ryzen Edition. Bodinya terbilang bongsor dengan sisi belakang yang lebih menonjol. Bodi belakang ini membuat posisi engsel layar agak maju sehingga membuat layar bisa dibuka dengan mantap hanya dengan menggunakan satu tangan. Posisi layar pun bisa dibuka dengan kemiringan sampai sekitar 135° saja.

Di belakang bodi tersebut juga terdapat koneksi yang terdiri dari porta USB 3.2 Gen 2 Type-C, porta USB 3.2 Gen 1 Standard-A, porta HDMI 2.1, dan porta adaptor. Pada sisi kanan ada dua porta USB 3.2 Gen 1 Standard-A, sedangkan pada sisi kiri ada porta Ethernet dan satu porta audio (combo). Di antara dua sisi tersebut terdapat lubang udara untuk membuang udara panas. Porta Ethernet sendiri kini mulai jarang disertakan secara langsung pada laptop.

Pada sektor layar, Dell memberikan spesifikasi yang cukup baik. Panel yang digunakan yaitu IPS yang menampilkan sudut pandang lebih baik dibanding panel TN. Dengan ukuran 15,6 inci, resolusinya Full HD atau 1.920 x 1.080 piksel.

Kibor memiliki backlight RGB per zona yang bisa diatur secara manual melalui aplikasi Alienware Command Center.