Find Us On Social Media :

Review WD_BLACK SN750 SE: Hadir dengan Antarmuka yang Lebih Baru

By Dayu Akbar, Sabtu, 4 Desember 2021 | 23:45 WIB

WD_BLACK SN750 SE.

Hadirnya teknologi yang lebih baru membuat Western Digital juga memperbarui lini SSD-nya. Salah satunya melalui WD_BLACK SN750 SE. Seri ini hadir dalam tiga pilihan kapasitas yaitu 250 GB, 500 GB, dan 1 TB. Unit yang kami uji memiliki kapasitas 1 TB.

Penggunaan nama seri SE tentu menjadi pembeda dengan non-SE. Jika sebelumnya SSD non-SE menggunakan PCI Express Gen 3 x4, kini seri SE sudah menggunakan versi yang lebih baru yaitu PCI Express Gen 4 x4.

Secara teori PCI Express 4.0 x4 mendukung kecepatan transfer sampai sekitar 8 GB per detik, sedangkan PCI Express 3.0 x4 hanya mencapai sekitar 4 GB per detik. Untuk masalah kompatibilitas, keduanya tidak ada masalah karena sama-sama menggunakan konektor M.2 dengan antarmuka PCI Express dan NVMe.

WD_BLACK SN750 SE menempatkan cip dan transistornya pada satu sisi dan menggunakan pengendali Phison PS5019-E19T serta memori NAND flash SanDisk 64 layer 3D TLC.

Meski antarmukanya mendukung kecepatan sampai 8 GB per detik, pada spesifikasi WD_BLACK SN750 SE disebutkan bahwa kecepatan bacanya hanya mencapai 3.600 MB per detik atau 3,6 GB per detik. Kecepatan tersebut memang jauh di bawah spesifikasi maksimal dari PCI Express 4.0 x4, tetapi sudah cukup kencang untuk penggunaan sehari-hari. Kecepatan ini menjadi rekomendasi yang bagus untuk kebutuhan bermain gim maupun pembuatan konten.

Sebagai solusi penyimpanan internal tanpa DRAM, WD_BLACK SN750 SE hadir dengan form factor M.2 2280 yang artinya memiliki ukuran lebar 22 mm dan panjang 80 mm. Dimensi ini kompatibel dengan hampir sebagian besar PC desktop maupun laptop masa kini. Jadi, sebelum membeli, pastikan mainboard-nya sudah mendukung ukuran tersebut. Jika diinginkan, Anda juga bisa membuat SSD internal ini menjadi perangkat eksternal dengan menambahkan enclosure yang dibeli secara terpisah.

Salah satu ciri khas dari SSD M.2 PCI Express ada pada cekungan yang disebut dengan M Key.