Find Us On Social Media :

Fitur Instagram ini Bakal Ingatkan Pengguna untuk Istirahat Sejenak

By Adam Rizal, Kamis, 9 Desember 2021 | 09:00 WIB

Instagram

Akhirnya Instagram meluncurkan fitur terbaru 'Take a Break' yang memungkinkan pengguna istirahat sejenak dari aplikasi tersebut. Hal itu diumumkan oleh Head of Instagram, Adam Mosseri melalui akun Instagram dan Twitter-nya dengan akun @mosseri.

Adam mengatakan Instagram meluncurkan fitur Take a Break bersamaan dengan dua fitur lainnya yaitu Parental Controls dan sejumlah pembaruan dalam fitur pemantau aktivitas di aplikasi Instagram, alias Your Activity.

"Saya senang sekali mengumumkan bahwa ketiga fitur ini hadir untuk komunitas Instagram, sehingga mereka merasa lebih merasa percaya diri menggunakan platform tersebut," ujar Mosseri.

Sayangnya, fitur Parental Controls hanya sebatas diperkenalkan saja karena Instagram baru meluncurkannya pada Maret 2022. Sedangkan, fitur Your Activity teranyar masih terbatas dalam tahap uji coba.

Fitur Take a Break bakal memunculkan sebuah peringatan kepada pengguna untuk istirahat ketika menelusuri linimasa. Dalam tampilan tersebut, tampak bahwa fitur ini bersifat opsional. Artinya, pengguna bisa memilih untuk mengaktifkan fitur Take a Break atau tidak.

Jika ingin mengaktifkannya, maka pengguna bisa memilih durasi untuk rehat dari aplikasi tersebut, mulai dari 10 menit hingga 30 menit. Pengguna juga bisa memilih untuk tidak mengaktifkan fitur Take a Break sama sekali dengan memilih opsi "Off".

Setelah memilih durasi, Instagram lantas memberi imbauan untuk menutup aplikasi dan merekomendasi beberapa hal, seperti mengatur nafas, menuliskan hal-hal yang sedang dipikirkan, mendengarkan lagu favorit, dan membuat daftar kegiatan.

"Berdasarkan pengujian, lebih dari 90 persen remaja tetap mengaktifkan fitur Take a Break (setelah diaktifkan pertama kali)," klaim Mosseri.

Saat ini, fitur Take a Break sendiri baru meluncur di beberapa negara saja mencakup Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Irlandia, Australia, dan Selandia Baru.

Mosseri mengatakan pihaknya bakal meluncurkan fitur tersebut ke sejumlah negara lainnya secara bertahap mulai awal 2022 mendatang.

Parental Controls

Fitur Parental Controls bisa digunakan oleh para orang tua dan wali untuk mengontrol anak-anaknya menggunakan platform Instagram. Dengan fitur ini, mereka bisa membatasi waktu "bermain" Instagram anak-anaknya dalam satu hari. Durasi pembatasan penggunaan Instagram bervariasi, mulai dari 30 menit hingga 3 jam.