Find Us On Social Media :

Inilah Kota/Kabupaten yang Terima Penghargaan Program Smart City 2021

By Rafki Fachrizal, Selasa, 14 Desember 2021 | 19:20 WIB

Pemberian Penghargaan Kepada Kota/Kabupaten yang mengikuti program “Gerakan Menuju Smart City 2021” pada Selasa (14/12/21) di ICE BSD, Tangerang.

Program “Gerakan Menuju Smart City 2021” yang diselenggarakan oleh Kemenkominfo (Kementerian Komunikasi dan Informati) RI dan didukung sejumlah kementerian terkait telah memasuki tahap akhir.

Hal itu ditandai dengan digelarnya “Closing Ceremony Gerakan Menuju Smart City 2021" pada hari ini, Selasa (14/12/21), di ICE BSD, Tangerang.

Program smart city sendiri sudah dilaksanakan pada 2017-2019 dengan membimbing 100 kota/kabupaten terpilih.

Pada pelaksanaannya di 2021, program ini memfokuskan pada tema pariwisata yang sejalan dengan program pemerintah terkait "Kawasan Wisata Prioritas".

Seperti diketahui, pandemi COVID-19 telah memberikan pukulan keras terhadap berbagai sektor, termasuk sektor pariwisata yang di mana menjadi salah satu sektor yang paling terdampak akibat pandemi ini.

Dalam sambutannya, Menteri Kemenkominfo Johnny G. Plate mengatakan bahwa program Gerakan Menuju Smart City menjadi upaya pemerintah untuk mendorong pemulihan di sektor pariwisata.

"Pengintegrasian kota cerdas atau smart city ke dalam industri pariwisata dianggap dapat menjadi salah satu bentuk mekanisme menumbuhkan resiliensi di tengah disrupsi akibat pandemi COVID-19. Melalui konsep smart city branding, yang memanfaatkan teknologi dan inovasi dalam mengoptimalisasi mempromosikan kota termasuk lokasi-lokasi wisata," jelas Johnny.

Pemberian Penghargaan Kepada Kota/Kabupaten

Dalam acara Closing Ceremony Gerakan Menuju Smart City 2021, terdapat workshop, conference, showcase, virtual exhibition, dan juga awarding.

Untuk awarding sendiri, yakni pemberian penghargaan kepada kota/kabupaten yang telah menunjukkan prestasinya dan sebagai apresiasi dalam program Gerakan Menuju Smart City 2021.

Ada dua kategori dalam penghargaan ini. Pertama, kategori Penghargaan Kota/Kabupaten Wilayah Toba & Tanjung Kelayang; Bromo-Tengger-Semeru & Ibu Kota Negara Baru; Mandalika & Labuan Bajo; serta Wakatoboi, Morotai, Likupang & Raja Ampat.

Kedua, kategori Penghargaan Kota/Kabupaten Wilayah untuk Dimensi Smart Governance, Smart Branding, Smart Economy, Smart Society, Smart Living, dan Smart Environment.

Berikut ini daftar lengkap kota/kabupaten yang menerima penghargaan dari program Gerakan Menuju Smart City 2021.