Find Us On Social Media :

Review Lenovo Legion 5 Pro (16ACH6): Laptop QHD untuk Bermain Gim

By Dayu Akbar, Jumat, 17 Desember 2021 | 22:30 WIB

Lenovo Legion 5 Pro.

Saat ini sudah mulai banyak laptop untuk bermain gim yang memiliki ukuran layar 16 inci. Dengan makin banyaknya pemain gim yang menginginkan portabilitas, laptop 16 inci menawarkan solusi yang tetap ringkas, khususnya ketika ukuran 17 inci dirasa terlalu besar dan 15 inci terasa terlalu kecil.

Salah satunya ditawarkan adalah Lenovo Legion 5 Pro. Laptop untuk bermain gim ini dipersenjatai dengan AMD Ryzen 7 5800H serta kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 3070. Untuk memori utamanya sudah terpasang DDR4 16 GB dengan mode kanal ganda. Kapasitas maksimalnya sendiri bisa menampung sampai 32 GB. Dengan tersedianya dua slot memori utama, Anda mesti mengganti DDR4 awal jika ingin memaksimalkan kapasitas sampai 32 GB. Sementara, media simpannya menggunakan SSD M.2 NVMe PCI Express 3.0 x4. Spesifikasi tersebut jelas mumpuni untuk menjalankan gim-gim AAA terbaru.

Lenovo Legion 5 Pro msih menggunakan desain khas seri Legion; bodi bawahnya berukuran lebih panjang dan posisi engsel layar ditempatkan agak ke depan. Bagian yang “tersisa” merupakan bagian dari sistem pendingin yang menyertakan lubang udara. Tidak hanya itu, pada bagian tersebut juga terdapat beberapa porta I/O yang terdiri dari LAN, USB Type-C yang dukung DisplayPort, dua USB 3.1 Gen 2 Standard-A, HDMI, USB 3.1 Gen 2 Standard-A yang dukung pengisian daya, serta adaptor.

Untuk memori utama tersedia dua slot (2) yang sudah terpasang 16 GB. Sementara, untuk media simpan tersedia dua slot; yang pertama (1) masih kosong dan yang kedua (3) sudah terpasang kapasitas 1 TB.

Posisi konektor pada bagian belakang ini juga memiliki keunggulan lain karena aliran kabel jadi fokus berada di belakang, sehingga mengurangi gangguan akan posisi tangan saat menggunakan mouse atau lainnya. Sementara, pada sisi kiri hanya menyediakan porta USB Type-C dan audio, sedangkan sisi kanan ada camera e-shutter switch dan porta USB 3.2 Gen 1 Standard-A.

Kembali ke masalah layar, seperti dibahas sebelumnya, Lenovo Legion 5 Pro menawarkan portabilitas dengan ukuran layar 16 inci. Lenovo mengakalinya dengan menghadirkan bezel layar yang tipis. Desain itu membuat rasio layar terhadap bodi mencapai 90%. Ini sedikit banyak membuat bodi laptop tidak mengalami perubahan dimensi terlalu besar, tetapi ukuran layar tetap lebih luas.

Selain ukuran 16 inci, resolusi yang digunakannya pun tinggi yaitu QHD, tepatnya 2.560 x 1.600 piksel. Resolusi ini menjadikan rasio aspek sebesar 16:10 dan bukannya 16:9 yang terbilang standar. Panelnya menggunakan IPS serta punya refresh rate 165 Hz.

Kombinasi ini menampilkan gambar lebih tajam dan pergerakan yang mulus, khususnya pada gim-gim dengan pergerakan cepat seperti genre FPS (first person shooter). Tak hanya resolusi dan refresh rate, layar tersebut juga diklaim memiliki color gamut sebesar 100% sRGB. Color gamut yang dimiliki membuatnya cocok digunakan bagi yang pekerjaannya membutuhkan color gamut sebesar 100% sRGB, seperti kreator konten tertentu.

Lenovo menyediakan dua pilihan backlight kibor pada penjualannya. Ada yang versi RGB 4 zone serta ada yang versi warna putih seperti unit yang kami uji ini.