Find Us On Social Media :

Screenless dan Mudah Dinikmati Kapan Saja, Jadi Alasan Tren Podcast Naik Selama Pandemi

By Rafki Fachrizal, Selasa, 21 Desember 2021 | 11:15 WIB

Ilustrasi Podcast

Konten hiburan dalam bentuk audio kini semakin berkembang pesat dan dinamis seiring kemajuan teknologi.

Berbeda dengan konten visual, konten dalam format audio memungkinkan pendengar untuk bisa tetap melakukan berbagai aktivitas atau multitasking tanpa melihat layar (screenless).

Pandemi yang sudah berjalan hampir 2 tahun juga mengubah berbagai macam gaya hidup, mulai dari bekerja, bersosialisasi, hingga cara masyarakat mengkonsumsi hiburan yang sekarang serba online dan virtual.

Tanpa disadari, masyarakat kini menghadapi masalah baru yakni “screen fatigue” atau “eye strain”, yakni kelelahan mata akibat membaca atau melihat layar elektronik seperti handphone, komputer, atau TV terlalu lama.

Dilansir dari HBR1, dokter mata asal Amerika Serikat Dr. Kara Hartl menyebutkan bahwa peningkatan kegiatan online sangat berdampak bagi kesehatan mata. Mata yang kering, pandangan kabur, sulit berkonsentrasi, dan terkadang sakit kepala ialah beberapa gejala dari “screen fatigue” tersebut.

Selain mengatur jarak dengan layar komputer, mengatur brightness maupun waktu istirahat, penggunaan format lain seperti audio yang sedang menjadi tren dapat menjadi alternatif.

Konten hiburan dalam bentuk audio kini semakin berkembang pesat dan dinamis seiring kemajuan teknologi.

Berbeda dengan konten visual, konten dalam format audio memungkinkan pendengar untuk bisa tetap melakukan berbagai aktivitas atau multitasking.

Salah satunya adalah podcast, yakni siaran audio on-demand yang bisa didengarkan kapanpun dan di manapun.

Dari obrolan ringan yang menghibur, inspiratif, sampai diskusi yang bisa bikin melek isu terkini, podcast membawa format dantopik-topik yang lebih dekat dengan keseharian masyarakat khususnya milenial.

Platform konten audio streaming lokal NOICE, melalui CEO NOICE Rado Ardian menanggapi tren tersebut.

Ia mengatakan “Tak hanya dari pendengar yang diajak untuk berimajinasi dalam menikmati konten audio tersebut, hiburan serta konten yang hanya dibawakan dalam format audio ini pada akhirnya memancing kreativitas para konten kreator dalam melakukan storytelling dan memilih topik-topik menarik untuk diangkat. Melihat tren pertumbuhan industri konten audio yang meningkat signifikan, platform yang menghadirkan konten audio non-musik berkualitas di Indonesia justru masih sangat terbatas, dibandingkan potensi yang ada saat ini.”

Laporan Digital 2021 dari We Are Social & Hootsuite menunjukkan lebih dari 58% pengguna internet Indonesia usia produktif mendengarkan podcast setiap bulannya.