Find Us On Social Media :

Begini Cara Rekam Zoom Meeting Lewat Laptop dan Bantuan Aplikasi

By Adam Rizal, Selasa, 21 Desember 2021 | 17:00 WIB

Zoom

Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini membuat aktivitas virtual meeting menjadi salah satu penunjang korporasi paling dominan dimanfaatkan untuk memastikan produktivitas kerja tetap terjaga.

Aplikasi konferensi video Zoom mendadak populer selama pandemi corona karena banyak masyarakat yang menggunakannya untuk belajar dan bekerja dari jarak jauh. Tak heran, pengguna Zoom pun melonjak drastis selama pandemi ini, baik pengguna berbayar dan gratisan.

Banyak pengguna yang penasaran dan mencari tahu cara merekam Zoom meeting karena pengguna bisa membuka video tersebut di lain waktu untuk belajar ulang.

Untungnya, Zoom menyediakan fitur yang dapat merekam meeting, sehingga pengguna tidak lagi perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Merekam pertemuan di Zoom bisa dilakukan secara gratis melalui aplikasi desktop. Bisa juga, melalui aplikasi seluler dengan langganan berbayar. Untuk melakukannya, peserta Zoom harus mendapat izin terlebih dahulu dari host pertemuan.

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum bergabung ke rapat dan merekamnya, pastikan Anda menyimpan file ke folder yang sesuai di penyimpanan laptop atau PC Anda.

Berikut ini adalah tutorial bagaimana cara merekam Zoom meeting di laptop:

  1. Bukalah aplikasi Zoom. Pada tab Home, klik ikon roda gigi di pojok kanan atas.
  2. Pilih tab Recording dan tentukan folder tempat Anda ingin menyimpan hasil rekaman Selanjutnya, klik tombol Record di bagian bawah layar jika pertemuan sudah berlangsung. Apabila host belum memberi izin untuk merekam, maka tombol ini tak akan
  3. Apabila sudah, akan muncul label kecil dengan tulisan "Recording.." di bagian pojok kiri atas.
  4. Ada kontrol toolbar di bagian bawah yang memungkinkan Anda untuk berhenti sejanak merekam pertemuan
  5. Klik tombol Stop jika ingin mengakhiri rekaman
  6. Rekaman yang sudah disimpan akan berada di PC Anda. Selain itu, Anda juga dapat menemukan rekamannya di tab Recorded pada aplikasi Zoom. Anda bisa membuka hasil rekaman Zoom meeting dengan membuka file tersebut di C:\Users(Username-PC)\Documents\Zoom\.

Aplikasi Pihak Ketiga

Selain cara di atas, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi screen recording untuk merekam Zoom meeting. Berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi screen recording yang bisa kamu gunakan:

1. OBS Studio

Dikutip dari laman Tech Radar, OBS Studio merupakan aplikasi screen recording terbaik. Aplikasi ini bisa digunakan di semua sistem operasi laptop, yaitu Windows, Linux, dan MacOS. Kamu akan memperoleh hasil rekam layar berkualitas HD. Selain itu, banyak fitur yang diberikan OBS Studio yang dapat mendukung screen recording yang sedang kamu lakukan.

2. Screencast-O-Matic