Find Us On Social Media :

HP Oppo, Vivo, hingga Xiaomi Bakal Pakai Chip Mediatek Dimensity 9000

By Adam Rizal, Rabu, 22 Desember 2021 | 16:00 WIB

Ilustrasi MediaTek Dimensity 9000.

MediaTek memastikan Oppo, Vivo, Xiaomi, hingga Honor akan menggunakan chipset flagship Dimensity 9000. HP dengan Dimensity 9000 sendiri bakal memulai debutnya pada kuartal pertama 2022 nanti.

"Dimensity 9000 adalah tonggak sejarah bagi MediaTek, menunjukkan kebangkitan kami dengan hadirnya chipset smartphone 5G. Kehadiran chipset ini menunjukkan bahwa MediaTek dan seri Dimensity kami telah memasuki fase inovasi baru,” kata Yenchi Lee, Deputy General Manager Wireless Communications Business Unit MediaTek.

Oppo memastikan bahwa ponsel Find X selanjutnya bakal membawa Dimensity 9000. Sementara Xiaomi menghadirkannya di Redmi K50.

“Saya sangat senang dapat menyampaikan bahwa flagship Find X berikutnya akan menjadi yang pertama diluncurkan dengan platform flagship Dimensity 9000," ujar Henry Duan, Vice President OPPO.

"Dimensity 9000 menawarkan kinerja yang belum pernah ada sebelumnya, lompatan nyata dari generasi sebelumnya, dan saya sangat bersemangat untuk komersialisasi resmi chipset ini pada seri Redmi K50 kami," kata Lu Weibing, General Manager Redmi.

Keunggulan

Dimensity 9000 adalah chipset smartphone pertama di dunia yang dibangun dengan teknologi fabrikasi TMSC N4 (kelas 4nm) yang diklaim sangat efisien. Dimensity 9000 mengintegrasikan arsitektur CPU Armv9 mutakhir untuk pengalaman smartphone kelas flagship yang sesungguhnya. CPU octa-core memiliki satu core Cortex-X2 yang beroperasi hingga 3,05GHz, tiga core kinerja A710 yang beroperasi hingga 2,85GHz, dan empat core efisiensi Cortex-A510.

Dengan LPDDR5X terintegrasi yang mendukung hingga 7500Mbps, bersama dengan cache L3 8MB dan cache sistem 6MB, Dimensity 9000 diciptakan untuk permintaan bandwidth yang sangat besar dari pasar seluler.

Selain itu, chipset ini mengintegrasikan Application Processor Unit (APU 5.0) generasi kelima dari MediaTek, yang menawarkan peningkatan efisiensi daya empat kali lebih baik dibandingkan dengan APU generasi sebelumnya. Peningkatan ini memberikan keseimbangan ideal antara kinerja dan efisiensi daya untuk berbagai pengalaman multimedia AI, game, kamera dan video.

Kemudian Dimensity 9000 mengemas GPU Arm Mali-G710 MC10 pertama di dunia. Untuk meningkatkan kinerja, chipset ini mengintegrasikan HyperEngine 5.0 MediaTek, teknologi game inovatif dari MediaTek generasi kelima.

HyperEngine 5.0 menggunakan akselerasi AI untuk mengoptimalkan grafis sekaligus mengurangi beban GPU, menghasilkan gameplay yang lebih cepat yang terlihat lebih baik, dan lebih hemat daya dari sebelumnya.

HyperEngine juga mengintegrasikan AI-VRS, fitur variable rate shading dengan AI yang disempurnakan pertama untuk smartphone.