Find Us On Social Media :

Review vivo X70 Pro: Gimbal Stabilization 3.0 dan ZEISS T* Coating

By Dayu Akbar, Minggu, 26 Desember 2021 | 17:00 WIB

vivo X70 Pro.

Setelah sebelumnya meluncurkan X50 Pro dan X60 Pro, vivo kembali menghadirkan generasi yang lebih baru melalui X70 Pro. Sebagai “flagship”, ketiga smartphone tersebut unggulkan fitur kamera untuk urusan foto dan videografi. Sesuai urutan serinya, pembaruan fitur pada kamera makin mengalami peningkatan.

Dimulai dari X50 Pro yang unggulkan empat kamera belakang, lalu X60 Pro dan X70 Pro yang menggandeng produsen sistem optik terkemuka ZEISS. Selain itu, X50 Pro menjadi smartphone vivo pertama yang menggunakan fitur Gimbal Stabilization.

Pada X60 Pro, teknologi gimbal itu mengalami pembaruan dengan hadirnya fitur Gimbal Stabilization 2.0. Nah, pada X70 Pro, fitur yang dimaksud kembali mengalami pembaruan dengan hadirnya versi yang lebih baru, yaitu Gimbal Stabilization 3.0. Apa bedanya? Secara umum, dengan fitur terbaru ini vivo menyempurnakan fitur yang digunakan agar tingkat kestabilan lebih baik.

Pada sisi kanan terdapat tombol volume dan power, sedangkan pada sisi bawah terdapat speaker, porta USB Type-C, dan slot kartu SIM. Tidak terdapat jack audio 3,5 mm.

Empat kamera belakang X70 Pro terdiri dari kamera utama dengan resolusi 50 MP yang sudah tersematkan fitur Gimbal Stabilization 3.0 tadi. Selanjutnya kamera potret dengan resolusi 12 MP, serta kamera periskop 8 MP yang punya kemampuan 5x optical zoom dan 60x hybrid zoom. Hybrid zoom berguna saat Anda hendak memotret bulan melalui mode SuperMoon. Adapun kamera keempat adalah ultralebar dan punya resolusi 12 MP. Ini berbeda dengan vivo X60 Pro yang hanya punya tiga kamera belakang. Kamera depannya sendiri punya resolusi 32 MP.

Usung Professional Photography by ZEISS, vivo juga melengkapi lensa kamera X70 Pro dengan ZEISS T* Coating. Hal itu memang biasa digunakan pada lensa-lensa kamera profesional. Teknologi coating ini berguna untuk mengurangi stray light ataupun efek ghosting guna menghasilkan warna yang akurat, baik pada siang maupun malam hari.

Untuk hasil foto menggunakan kamera belakang, kerjasama dengan ZEISS mampu menghasilkan foto yang bagus pada berbagai kondisi. Untuk kondisi siang ataupun di area terbuka, hasil fotonya tidak diragukan lagi.

Beberapa contoh foto menggunakan kamera belakang menggunakan mode Photo, Night, dan SuperMoon.