Find Us On Social Media :

Startup Social Bella Ungkap 4 Tren Pelanggan Kecantikan Sepanjang 2021

By Rafki Fachrizal, Rabu, 29 Desember 2021 | 17:15 WIB

Ilustrasi Sociolla, e-commerce di bidang kecantikan dan perawatan diri yang dihadirkan Social Bella.

Sepanjang tahun 2021 di tengah naik turunnya penyebaran COVID-19 hingga kondisi pemulihan di periode menuju akhir tahun ini, startup beauty-tech Social Bella mencatat empat perubahan perilaku pelanggan kecantikan yang terus beradaptasi dengan kondisi yang terjadi.

Selain memperkuat ketahanan industri kecantikan dengan tren permintaan yang terus meningkat di tengah pandemi, perubahan perilaku ini juga menunjukkan beauty enthusiast semakin menikmati kemudahan teknologi dalam mencari dan menemukan produk-produk kecantikan yang dibutuhkan.

Co-Founder & CMO Social Bella Chrisanti Indiana mengungkapkan bahwa selama pandemi pihaknya melihat pelanggan kecantikan merupakan yang paling adaptif di tengah perubahan yang terus terjadi.

“Dengan kemudahan teknologi dan informasi mendorong mereka secara jeli memanfaatkan peluang yang ada, seperti memanfaatkan waktu di rumah untuk menghidrasi kulit saat Work From Home (WFH), bereksplorasi dengan riasan tren make up meskipun menggunakan masker, secara aktif mempelajari kandungan produk di tengah arus produk baru yang terus bermunculan, dan masih banyak yang lainnya,” terang Chrisanti.

Pergerakan dan perubahan perilaku dan kebutuhan pelanggan akan produk kecantikan tersebut secara lengkap terangkum dalam jaringan ekosistem Social Bella yang saling terintegrasi satu dengan yang lainnya.

Selain mengamati empat perubahan perilaku pelanggan, Chrisanti melihat bahwa implementasi WFH yang masih akan berlanjut di tahun depan diprediksi tetap berdampak signifikan terhadap tren pengguna pada 2022.

Lebih lanjut, berikut ini empat perubahan perilaku pelanggan kecantikan yang diungkapkan Social Bella:

1. Ulasan produk jadi andalan pelanggan sebelum memutuskan pembelian

Di tengah ratusan brand kecantikan yang hadir di Indonesia ditambah kemudahan teknologi dan informasi, kini beauty enthusiast semakin mengandalkan ulasan pelanggan lainnya sebagai bahan pertimbangan sebelum melakukan pembelian produk.

Tidak hanya itu, beauty enthusiast juga terdorong untuk berbagi ulasan atas produk yang mereka beli dan gunakan di platform review sebagaimana tercermin pada data di aplikasi SOCO, platform review produk bagian dari Social Bella untuk kecantikan dan perawatan pribadi di Indonesia dengan lebih dari 90.000 produk dengan lebih dari 2,3 juta ulasan.

SOCO mencatat adanya peningkatan pengguna di 2021 hingga 31% dibandingkan tahun lalu. Melalui integrasi teknologi, pelanggan cukup melakukan scan barcode pada fitur yang tersedia di aplikasi SOCO pada produk yang diinginkan untuk mendapatkan informasi lengkap mulai dari deskripsi produk, cara penggunaan, kandungan produk, hingga rating dan ulasan pelanggan lainnya.

2. Pelanggan kian selektif memilih produk kecantikan

Seiring dengan semakin maraknya industri kecantikan dengan berbagai inovasi produk, beauty enthusiast semakin mempunyai banyak pilihan dan selektif memilih produk untuk digunakan.