Find Us On Social Media :

Antarmuka Xiaomi MIUI 13 Tawarkan Sistem Keamanan Canggih dan Berlapis

By Adam Rizal, Kamis, 30 Desember 2021 | 13:30 WIB

Xiaomi MIUI 13

Xiaomi juga meluncurkan sistem antarmuka (UI) terbarunya MIUI 13 bersamaan dengan peluncuran Xiaomi 12 Series. Antarmuka MIUI 13 juga menjadi suksesor MIUI 12.5 yang sudah dirilis akhir tahun lalu.

Xiaomi merancang Antarmuka MIUI 13 berdasarkan sistem operasi (OS) Android 12 yang saat ini dipakai smartphone Android pada umumnya, Lantas, apa saja fitur-fitur terbaru antarmuka MIUI 13?

Antarmuka MIUI 13 menghadirkan beragam fitur anyar yaitu fitur verifikasi tiga tingkat yang mencakup Facial Recognition, Privacy Watermark, dan Electronic Fraud Protection.

Sebagai gambaran, sistek keamanan Facial recognition MIUI 13 berbeda dengan pemindai wajah yang sudah umum saat ini.

Sistem keamanan Facial recognition ini sejatinya adalah upper-body recognition atau pengenal tubuh bagian atas.

Jadi, pengguna akan memindai wajah mereka dan HP akan merekam tubuh bagian atas (pinggul ke kepala). Sehingga ponsel hanya boleh digunakan oleh orang yang bentuk tubuhnya sama, tidak hanya wajahnya saja.

Sementara itu sistem keamanan Privacy Watermark bisa melindungi kartu identitas pemilik ponsel dengan label khas, dan Electronic Fraud Protection bisa mencegah pengguna mengunjungi berbagai website berbahaya yang berpotensi disispi malware.

Selain keamanan dan privasi, Xiaomi juga mengklaim MIUI 13 akan berjalan lebih mulus ketika menjalankan berbagai aplikasi populer seperti TikTok hingga WeChat.

MIUI 13 memungkinkan aplikasi-aplikasi tersebut berjalan 15 persen lebih cepat di ponsel flagship, 32 persen lebih cepat di ponsel kelas menengah (mid-range), dan 52 persen lebih cepat di HP kelas entry-level.

Desain lebih segar

Xiaomi MIUI 13

MIUI 13 juga hadir dengan pembaruan desain, salah satunya pada desain huruf (font) anyar yang diberi nama "Mi Sans".