Find Us On Social Media :

Intel Kenalkan Aneka SKU Baru Lengkapi Lini Intel Alder Lake Desktop

By Cakrawala, Rabu, 5 Januari 2022 | 22:05 WIB

Ilustrasi Intel Core Generasi ke-12 dengan codename Intel Alder Lake untuk desktop.

Pada CES 2022 hari ini, Intel mengenalkan aneka SKU baru Intel Core Generasi ke-12 dengan codename Intel Alder Lake untuk desktop. Aneka prosesor baru tersebut melengkapi lini Intel Alder Lake desktop alias Intel Alder Lake S yang telah diluncurkan sebelumnya di dunia. Seperti yang InfoKomputer sampaikan di sini, kala itu Intel meluncurkan enam SKU Intel Core Generasi ke-12 untuk desktop yang seluruhnya bisa dibilang merupakan varian K. Kali ini Intel mengenalkan 22 SKU baru Intel Core Generasi ke-12 dengan codename Intel Alder Lake untuk desktop yang seluruhnya bukan varian K. Varian non-K sendiri umumnya menawarkan harga yang lebih terjangkau dibandingkan varian K yang serupa. Pasalnya prosesor varian K memiliki multiplier yang tidak dikunci sehingga lebih leluasa untuk di-overclock.

Selain itu, Intel juga mengenalkan tiga PCH — lazim disebut chipset — baru untuk Intel Alder Lake desktop yang juga lebih terjangkau dari PCH yang meluncur bersama keenam SKU Intel Core Generasi ke-12 awal. Seperti prosesor varian K dengan prosesor varian non-K, ketiga PCH baru untuk Intel Core Generasi ke-12 desktop tersebut juga memiliki kemampuan lebih terbatas perihal overclock. Tak hanya sehubungan overclock, beberapa fitur lainnya pun lebih terbatas. Jumlah porta USB 3.2 yang didukung misalnya lebih sedikit. Kombinasi aneka prosesor baru dan beberapa PCH baru tersebut membuat Intel Alder Lake untuk desktop menjadi bisa dijangkau oleh lebih banyak anggota masyarakat dunia.

Intel Core Generasi ke-12 dengan codename Intel Alder Lake sendiri merupakan prosesor hibrida dalam artian menggunakan arsitektur CPU hibrida; mengandung core CPU dengan dua arsitektur berbeda. Salah satu arsitektur adalah untuk kinerja dan arsitektur satunya lagi adalah untuk efisiensi. Intel Alder Lake mengandung core CPU dengan arsitektur ber-codename Intel Golden Cove dan core CPU dengan arsitektur ber-codename Intel Gracemont. Intel Golden Cove adalah yang untuk kinerja, sedangkan Intel Gracemont adalah yang untuk efisiensi. Menemani Intel Golden Cove dan Intel Gracemont adalah Intel Thread Director. Intel Thread Director berfungsi untuk membantu sistem operasi menempatkan suatu beban kerja atau thread pada core CPU yang paling optimal sesuai dengan kondisi saat itu.

Namun, berbeda dengan keenam SKU Intel Alder Lake untuk desktop yang diluncurkan lebih dulu, sebagian dari 22 SKU baru Intel Core Generasi ke-12 untuk desktop yang dikenalkan tidak mengandung core CPU dengan arsitektur ber-codename Intel Gracemont. Dengan kata lain, sebagian SKU itu (Intel Core i5 ke bawah) hanya mengandung core CPU untuk kinerja alias hanya mengandung Intel Golden Cove. Alhasil, sebagian dari 22 SKU baru Intel Core Generasi ke-12 untuk dekstop yang dikenalkan itu bisa dibilang bukan hibrida lagi. Aneka SKU Intel Core Generasi ke-12 ber-codename Intel Alder Lake untuk desktop yang dikenalkan bisa dilihat pada Tabel 1. Begitu pula spesifikasi ringkasnya.

Tabel 1a. Tabel beberapa SKU baru Intel Core Generasi ke-12 dengan codename Intel Alder Lake untuk desktop yang dikenalkan Intel pada CES 2022.

Tabel 1b. Tabel sejumlah SKU baru Intel Core Generasi ke-12 dengan codename Intel Alder Lake untuk desktop yang dikenalkan Intel pada CES 2022.

Meski untuk efisiensi, Intel Gracemont pada Intel Alder Lake membantunya dalam memberikan kinerja multi-thread yang lebih tinggi. Klaim Intel akan peningkatan kinerja multi-thread yang ditawarkan Intel Core Generasi ke-12 desktop terhadap generasi sebelumnya yang mencapai 100% pun berkat bantuan core CPU untuk efisiensi yang dimaksud. Namun, berhubung Intel Core Generasi ke-12 dengan codename Intel Alder Lake menawarkan IPC yang diklaim secara rata-rata lebih tinggi 19% dari Intel Core Generasi ke-11 ber-codename Intel Rocket Lake, SKU baru tanpa Intel Gracemont yang memiliki jumlah core CPU yang sama dengan generasi sebelumnya tetap menawarkan peningkatan kinerja multi-thread dibandingkan generasi sebelumnya itu.

Sayangnya, pada pengenalan SKU baru Intel Core Generasi ke-12 dengan codename Intel Alder Lake untuk desktop yang dilakukan Intel, Intel tidak membadingkan kinerja SKU tanpa Intel Gracemont, seperti Intel Core i5-12600, dengan generasi sebelumnya. Intel hanya membandingkan kinerja SKU dengan Intel Gracemont, tepatnya Intel Core i9-12900, dengan generasi sebelumnya serta membandingkan kinerja Intel Core i5-12600 dengan AMD Ryzen 7 5700G yang merupakan salah satu pesaingnya. Berdasarkan pengujian yang dilakukan Intel, Intel mengeklaim Intel Core i9-12900 menawarkan kinerja yang lebih tinggi sampai 55% pada pembuatan konten dan sampai 21% pada gim dibandingkan Intel Core i9-11900. Sementara, untuk Intel Core i5-12600, Intel mengeklaim Intel Core i5-12600 menawarkan kinerja lebih tinggi sampai 31% dibandingkan AMD Ryzen 7 5700G.

Intel mengeklaim Intel Core i5-12600 menawarkan kinerja lebih tinggi sampai 31% dibandingkan AMD Ryzen 7 5700G.

Adapun ketiga PCH baru yang turut dikenalkan Intel adalah Intel H670, Intel B660, dan Intel H610. Ketiga PCH tersebut melengkapi Intel Z690 yang telah diluncurkan sebelumnya. Dari ketiga PCH baru bersangkutan, Intel H670 merupakan yang paling tinggi. Intel H670 menawarkan fitur yang lebih baik dari Intel B660 dan Intel H610. Intel H670 misalnya menawarkan dukungan RAID terhadap media simpan PCI Express serta menawarkan dukungan porta USB 3.2 Gen 2 yang lebih banyak. Intel H670 pun mendukung overclock terhadap memori utama. Begitu pula Intel B660. Namun, dukungan overclock terhadap prosesor hanya tersedia secara resmi pada Intel Z690. Lebih lengkapnya mengenai ketiga PCH baru yang dikenalkan bisa dilihat pada Tabel 2.

Tabel 2. Perbandingan kapabilitas antara Intel H670, Intel B660, dan Intel H610 yang baru dikenalkan Intel pada CES 2022; termasuk dengan Intel Z690 yang meluncur lebih dulu.

Selain itu, Intel turut menyampaikan kehadiran pendingin standar alias stock cooler baru untuk SKU baru Intel Alder Lake desktop dengan processor base power (kelas) 65 W yang dikenalkan, tentunya yang versi box. Selain 65 W, sebagian dari SKU baru Intel Core Generasi ke-12 desktop yang dikenalkan memiliki processor base power — dulu biasa disebut TDP — 35 W. Terdapat tiga varian pendingin alias HSF Intel Laminar yang dihadirkan Intel untuk prosesor bersoket LGA1700 itu, yakni Intel Laminar RH1, Intel Laminar RM1, dan Intel Laminar RS1. Intel Laminar RH1 ditujukan untuk Intel Core i9, Intel Laminar RM1 untuk Intel Core i3 sampai Intel Core i7, sedangkan Intel Laminar RS1 untuk Intel Celeron dan Intel Pentium. Lebih lengkapnya mengenai ketiga HSF baru yang dihadirkan Intel bisa dilihat pada Tabel 3.

Tabel 3. Spesifikasi Intel Laminar yang dikenalkan Intel pada CES 2022.

Aneka SKU baru Intel Core Generasi ke-12 dengan codename Intel Alder Lake untuk desktop dan berbagai mainboard dengan para PCH Intel seri 600 baru tersebut, setidaknya di beberapa belahan dunia, diperkirakan mulai tersedia minggu ini. Namun, tidak terdapat informasi spesifik mengenai ketersediannya di Indonesia.