Find Us On Social Media :

Tokopedia Ungkap Kilas Balik Tren Jual-Beli Online di Tahun 2021

By Rafki Fachrizal, Rabu, 5 Januari 2022 | 22:20 WIB

Ilustrasi Tokopedia

Platform teknologi semakin menjadi andalan masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari hingga menciptakan peluang bisnis.

Tokopedia pun membagikan deretan temuan menarik terkait tren jual-beli online masyarakat sepanjang 2021.

1. Kota dengan Penjualan Tertinggi

“Medan, Bandung dan Surabaya menjadi beberapa contoh kota dengan penjualan paling tinggi di Tokopedia. Ini didorong oleh kehadiran inisiatif Hyperlocal, seperti digitalisasi pasar, Kumpulan Toko Pilihan (KTP) dan lainnya,” ungkap VP of Corporate Affairs Tokopedia, Nuraini Razak.

“Inisiatif Hyperlocal Tokopedia - yang terdiri dari berbagai turunan kampanye dan dipersonalisasi berdasarkan kebutuhan setiap daerah ini - ditujukan mendekatkan pembeli dengan penjual setempat agar belanja online bisa lebih efisien dan UMKM di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh,” tambah Nuraini.

Verne Indonesia, UMKM kerajinan kulit dari Surabaya, yang menjadikan Tokopedia sebagai jalur utama untuk penjualan, mencatat peningkatan jumlah transaksi hampir 2x lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

2. Kategori Favorit Masyarakat

Kategori Rumah Tangga, Fesyen serta Olahraga dan Hobi menjadi yang paling laris di Tokopedia. Berbagai kampanye yang dihadirkan Tokopedia telah mendorong melejitnya masing-masing kategori tersebut, seperti Home Living SALEbrations, Festival Fashion Lokal Jawa Barat atau Tokopedia Fashion Week, Sportacular lain-lain.

3. Produk Paling Diburu

“Masker, kaos dan sepatu sneakers menjadi produk paling populer selama 2021 di Tokopedia,” ujar Nuraini.

Menurutnya, melejitnya penjualan sepatu sneakers didorong oleh berbagai inisiatif yang dilakukan Tokopedia bersama UMKM industri fesyen lokal, contohnya gerakan Bersebelas #MelangkahBareng.

4. Makanan Paling Laris

“Ngopi dan ngemil di rumah menjadi aktivitas yang digemari masyarakat selama 2021. Hal ini terlihat dari kopi gayo dan pisang goreng yang menjadi makanan paling digemari di kampanye Tokopedia Nyam sepanjang tahun lalu,” tutur Nuraini.