Find Us On Social Media :

Ketahui Lima Tanda Ini Supaya Anda Terhindar dari Penipuan Online

By Rafki Fachrizal, Jumat, 7 Januari 2022 | 14:30 WIB

Ilustrasi Penjahat Siber

Penipuan online masih terus marak lantaran cara ini sering dilancarkan para penjahat siber untuk mendapatkan keuntungan.

Tidak seorang pun baik gamer, investor aset kripto, atau pembelanja online yang bebas dari ancaman para penjahat siber.

Tidak peduli siapa korbannya atau seberapa canggih skemanya, selalu ada cara untuk mengenali penipuan online sebelum terlambat dan menjadi korbannya.

Pakar keamanan Kaspersky Roman Dedenok mencoba membagikan lima tanda umum penipuan online untuk membantu Anda terhindar dari hal tersebut:

1. Menawarkan hadiah menarik hingga rasa takut

Penjahat siber sering memanfaatkan perasaan kritikal dalam diri manusia seperti keserakahan atau ketakutan.

Skema pertama, mereka biasanya menjanjikan calon korban hadiah luar biasa, misalnya tunjangan pemerintah yang besar atau aset kripto gratis.

Skema kedua, melibatkan intimidasi, seperti ancaman untuk mengirim video korban yang menonton film porno ke seluruh kontak atau merusak reputasi situs web perusahaan mereka.

Dalam kedua kasus tersebut, para pelaku kejahatan siber mencoba untuk memangkas kemampuan korban mereka untuk merespons secara rasional.

Jika, setelah membaca email semacam itu, Anda merasa ingin melakukan persis seperti yang diminta pengirim (mengikuti tautan, mengirim uang, menelepon nomor, dll.), itu sebenarnya adalah tanda peringatan.

Kaspersky menyarankan Anda membaca kembali pesan tersebut dengan seksama. Kemungkinan besar, Anda memang melihat sebuah pesan penipuan, maka jangan hiraukan.

2. Waktu yang sangat sempit

Jika situasi yang melibatkan emosi dapat menyebabkan orang kehilangan daya berpikir kritis, maka rasa “terburu-buru” juga demikian.