Find Us On Social Media :

Inilah Lima Layanan Disposable E-mail untuk Berbagai Keperluan Anda

By Cakrawala, Sabtu, 8 Januari 2022 | 19:00 WIB

Ilustrasi e-mail.

Layanan disposable e-mail adalah layanan yang memberikan akun e-mail untuk penggunaan singkat/sementara dan selanjutnya dibuang. Dengan kata lain, layanan disposable e-mail adalah layanan e-mail sekali pakai. Layanan disposable e-mail ini misalnya cocok Anda gunakan untuk keperluan mengunduh sesuatu dari situs tertentu atau mendaftar layanan pada situs tertentu dan Anda tidak ingin menggunakan akun e-mail utama yang dimiliki. Pasalnya Anda tidak ingin e-mail utama itu menerima berbagai e-mail penawaran maupun informasi lain dari situs bersangkutan.

Berikut adalah lima layanan disposable e-mail gratis yang bisa Anda gunakan untuk berbagai keperluan. Namun, perlu diingat, karena umumnya bukan untuk penggunaan jangka panjang, pastikan Anda pada kemudian hari tidak membutuhkan disposable e-mail yang telah digunakan untuk dimanfaatkan kembali, seperti untuk me-recovery akun layanan yang terlupa kata sandi alias password-nya. Lagi pula, disposable e-mail yang menggunakan public domain, alamatnya bisa saja pada kemudian hari digunakan kembali untuk orang lain. Selain itu, tidak semua layanan disposable e-mail membolehkan Anda untuk mengirim e-mail.

1. Temp Mail

Temp Mail

Temp Mail yang beralamat di https://temp-mail.org memiliki penggunaan yang mudah. Begitu masuk ke lamannya, setidaknya pada komputer penulis, Anda akan diminta untuk memastikan Anda adalah manusia menggunakan CAPTCHA berbasis gambar. Setelah membuktikan Anda adalah manusia, Temp Mail akan menghadirkan akun disposable e-mail yang bisa segera digunakan. Namun, Temp Mail tidak mendukung pengiriman e-mail. Selesai menggunakan, Anda bisa menghapusnya dengan mengeklik tombol yang sesuai. Detail seperti alamat IP pun diklaim turut dihapus. Temp Mail sendiri mengeklaim akun disposable e-mail-nya berlaku sampai Anda hapus atau daftar domain yang digunakan berubah. Tersedia versi Premium yang berbayar dan menawarkan fasilitas lebih banyak seperti pemanfaatan private domain.

2. EmailOnDeck

EmailOnDeck

Seperti Temp Mail, Anda harus membuktikan Anda adalah manusia menggunakan CAPTCHA berbasis gambar sebelum bisa mendapatkan akun disposable e-mail pada EmailOnDeck. Setelah mendapatkan akun disposable e-mail itu, Anda pun bisa segera menggunakannya. Berbeda dengan Temp Mail, layanan beralamat di www.emailondeck.com ini membolehkan Anda untuk mengirim e-mail ke pengguna EmailOnDeck lainnya. Jika ingin mengirim e-mail ke alamat lain, Anda bisa menggunakan versi Pro yang berbayar. Versi Pro tentu menawarkan aneka fasilitas tambahan lain. EmailOnDeck mengeklaim akun disposable e-mail versi gratisnya biasanya berlaku sampai sekitar sehari. Menariknya, terdapat fitur untuk me-recover akun disposable e-mail tersebut setelah Anda menutup EmailOnDeck selama sebelumnya Anda tidak melakukan penghapusan dan EmailOnDeck juga belum melakukan wipe.