Find Us On Social Media :

Memaksimalkan Keterlibatan Pelanggan di Startup dengan Omnichannel

By Rafki Fachrizal, Selasa, 11 Januari 2022 | 20:25 WIB

Ilustrasi Startup

Keterlibatan pelanggan (customer engagement) kini menjadi salah satu fokus utama bagi pertumbuhan bisnis, tidak terkecuali bisnis di startup (perusahaan rintisan).

Salah satu poin penting dalam memaksimalkan keterlibatan pelanggan adalah dengan menerapkan strategi omnichannel.

Menerapkan strategi ini berarti secara konsisten melibatkan pelanggan di berbagai kanal komunikasi demi dapat memberikan user journey yang konsisten, kontekstual, dan unik.

Melihat ketatnya peta persaingan industri digital dan meningkatnya permintaan pelanggan akan kedekatan personal dengan sentuhan humanistik, maka startup sebagai salah satu industri yang tumbuh dengan agresif di Indonesia, perlu secara khusus mengoptimalkan keterlibatan pelanggan dengan mamanfaatkan strategi omnichannel.

Rifa Haryadi, Country Manager Infobip untuk Indonesia, mengatakan bahwa omnichannel dapat membantu startup dalam memaksimalkan keterlibatan pelanggan sehingga dapat mendukung perkembangan bisnis.

“Karena tanpa engagement yang tepat dengan customer kita tidak akan bisa growth (bertumbuh). Itulah kenapa kami yakin omnichannel adalah pondasi dasar yang harus startup itu benar-benar perhatikan. Karena kalau kita tidak memanfaatkan omnichannel yang ada untuk me-reach customer (mencapai pelanggan) itu kita akan susah meningkatkan pertumbuhan customer base (basis pelanggan),” jelas Rifa.

Sebagai platform komunikasi cloud global, Infobip memungkinkan bisnis untuk membangun pengalaman yang saling terhubung di setiap tahap perjalanan pelanggan.

Dapat diakses melalui satu platform, Communication as a Platform (CPaaS) dan Software as a Service (SaaS) dari Infobip dapat membantu bisnis dan mitra mengatasi kompleksitas komunikasi konsumen sehingga mereka dapat mengembangkan bisnis, menyediakan personalisasi, menjangkau pelanggan secara proaktif, dan meningkatkan loyalitas di berbagai industri, termasuk startup.

"Platform kami memastikan startup bisa memberikan pelayanan pelanggan yang lebih beraneka ragam dan lebih stabil supaya mereka dapat mempertahankan customer experience atau customer journey-nya sampai akhir,” tutur Rifa.

Baca Juga: Infobip Pilih Asia Pasifik Sebagai Fokus Startup Tribe Berikutnya