Find Us On Social Media :

Meski Chip Langka, Samsung Produksi 300 Juta Smartphone Tahun Lalu

By Rizal, Selasa, 18 Januari 2022 | 11:30 WIB

Samsung Galaxy S21 FE

Samsung sudah memproduksi sebanyak 300 juta unit smartphone pada 2021. Hal itu berdasarkan sebuah laporan dari situs teknologi asal Korea Selatan, TheElec yang mengutip beragam sumber industri.

TheElec mengklaim sekitar 240 juta unit smartphone dibuat oleh Samsung sendiri dan 60 juta unit lainnya dibuat melalui kerja sama dengan pabrikan ponsel rekanan Samsung seperti Wintech dan Huaqin.

Meski angka produksinya mencapai 300 juta unit, laporan itu menyebutkan angka pengiriman (shipment) HP Samsung pada 2021 sendiri hanya 200 juta unit.

Hal itu disebabkan Samsung membutuhkan sekitar satu atau dua bulan untuk mengirimkan smartphone ke pasar. Sehingga angka produksi biasanya selalu lebih tinggi dibanding angka pengiriman, mengingat 2022 ini belum genap satu bulan.

Samsung sendiri memiliki target untuk mengirimkan sekitar 300 juta pada tahun lalu. Meskipun target itu sulit tercapai karena beberapa faktor, salah satunya adalah efek pandemi Covid-19 yang berdampak pada pabrik perakitan ponsel Samsung di Vietnam.

Faktor yang mempengaruhi angka pengiriman Samsung adalah efek kelangkaan chip yang saat ini masih melanda industri teknologi dunia dan penjualan Galaxy S21 Series yang disebut tidak memenuhi target.

Samsung hanya berhasil mengirimkan sekitar 20 juta unit ponsel Galaxy S21 Series ke pasaran sepanjang 2021 kemarin, sama seperti "nasib" pendahulunya, Galaxy S20 Series.

Biasanya, target pengiriman ponsel Galaxy S Series sendiri berkisar di angka 35-40 juta unit.

Dari angka tersebut, sebanyak 285 juta unit ponsel disinyalir bakal menjadi target untuk ponsel buatan Samsung sendiri, sedangkan sisanya dirancang oleh rekanan Samsung, boleh jadi seperti Wintech hingga Huaqin tadi.

Daftar ponsel Samsung yang dirilis sepanjang 2021

Kembali lagi ke performa bisnis di 2021, selain Galaxy S21 Series, Samsung juga memproduksi dan merilis beragam ponsel dari aneka lini sepanjang tahun lalu. Beberapa di antaranya seperti beberapa ponsel dari Galaxy A Series, Galaxy F Series, hingga Galaxy M Series.

Selengkapnya, simak daftar-daftar ponsel yang dirilis Samsung sepanjang 2021 berikut, sebagaimana dirangkum GSMArena.