Find Us On Social Media :

Review TP-Link Tapo C200: Pantau Area Lebih Luas dengan Pan & Tilt

By Dayu Akbar, Senin, 24 Januari 2022 | 10:00 WIB

TP-Link Tapo C200.

Tapo memiliki ekosistem smart home yang cukup beragam. Lini produk smart home-nya yang hadir di Indonesia terdiri dari Smart Security Camera, Mini Smart Wi-Fi Plug, dan juga Smart Wi-Fi Light Bulb. Kali ini kami berkesempatan mencoba salah satunya yang merupakan produk Smart Security Camera, yaitu Tapo C200. Tapo sendiri merupakan submerek dari TP-Link yang cukup terkenal dengan perangkat jaringannya.

Tapo C200 merupakan smart Wi-Fi camera yang dapat difungsikan seperti IP camera pada umumnya. Fisik Tapo C200 terbilang cukup menarik dengan bentuk membulat di area lensanya. Kamera Tapo C200 sendiri memiliki sensor berukuran 1/2,9 inci dengan lensa 4 mm f/2,4 yang mendukung perekaman video Full HD.

Bagi Anda yang baru pertama kali menggunakannya tidak perlu bingung mengenai proses instalasi dan pengoperasiannya. Tapo memberikan kemudahan untuk dua proses tersebut. Setelah memasang perangkat dan peranti lunak TP-Link Tapo ke perangkat mobile berbasis iOS dan Android, Anda tinggal mengikuti langkah-langkah yang diberikan.

Tapo C200 memiliki fungsi untuk berkomunikasi dua arah melalui speaker dan mikrofon perangkat serta aplikasi yang terpasang pada smartphone.

Peranti lunak TP-Link Tapo memiliki antarmuka yang sederhana, tetapi fiturnya tergolong lengkap. Peranti lunak ini pula yang memegang peranan karena pengoperasian dan pengaturan dilakukan dari sini. Beberapa fitur bisa langsung terlihat pada halaman pengaturan.

Ada fitur Talk yang memungkinkan untuk berkomunikasi dua arah dari smartphone dengan lawan bicara yang sedang berada di depan Tapo C200. Hal ini dimungkinkan karena Tapo C200 memiliki speaker dan juga mikrofon. Saat kami coba, lancar ataupun jelas tidaknya keluaran suara tergantung dari koneksi internet yang dimiliki. Selain itu, kami tidak menemukan kendala saat berkomunikasi melalui perangkat ini.

Kameranya memiliki sensor berukuran 1/2,9 inci dengan lensa 4 mm f/2,4 yang mendukung perekaman video sampai resolusi Full HD.