Find Us On Social Media :

Cara Membuat Formulir Google Forms di HP

By Liana Threestayanti, Rabu, 26 Januari 2022 | 10:00 WIB

Ilustrasi survei

Data saat ini menjadi komoditas terpenting sebagai dasar pengambilan keputusan di berbagai organisasi bisnis maupun nonbisnis.

Oleh karena itu, aktivitas pengumpulan data pun kerap dilakukan oleh perusahaan. 

Dan berkat digitalisasi, proses pengumpulan data jadi semakin mudah. Apalagi di tengah pandemi yang sudah berlangsung hampir dua tahun ini, moda pengumpulan data berbasis internet dan mobile kian menjadi pilihan.

Organisasi dan perusahaan dapat melakukan itu dengan memanfaatkan aplikasi form builder, seperti Google Forms.

Google Forms adalah sebuah tool pengumpulan data melalui survei atau kuis yang dipersonalisasi. Aplikasi pembuat formulir dapat dimanfaatkan untuk mengelola data registrasi event atau data polling. 

Selain membuat survei, Google Forms juga memungkinkan pengguna menganalisis hasil survei. Aktivitas ini dapat langsung dilakukan dari browser, baik di komputer desktop maupun perangkat mobile. Dan tidak dibutuhkan software khusus untuk melakukannya. 

Selanjutnya, informasi yang terkumpul secara otomatis akan disusun dalam sebuah spreadsheet sehingga pembuat survei dapat langsung memvisualisasikan hasil survei dalam bentuk bagan dan grafik. 

Pengguna juga dapat mempersonalisasi formulir survei dengan menaruh foto atau logo perusahaan. Kemudian Google Forms akan menyesuaikan warna formulir dengan foto atau logo tersebut. Pengguna juga bisa memilih dari kumpulan pilihan tema yang tersedia. 

Nah, bagaimana cara membuat formulir atau kuis di Google Forms menggunakan smartphone Android atau tablet?

Hanya diperlukan tiga langkah mudah. 

  1. Pertama, buka browser web di smartphone Android, iPhone, atau di komputer tablet.
  2. Ketik forms.google.com di address bar pada browser untuk mengunjungi website Google Forms.
  3. Sebuah halaman formulir baru secara otomatis muncul di browser.

Langkah selanjutnya adalah menyunting atau mengedit formulir sesuai kebutuhan. 

Sebagai informasi, setelah membuat formulir baru, pengguna dapat menambahkan dan mengedit sampai dengan 300 buah konten, berupa pertanyaan, deskripsi, gambar, dan video. Dan pengguna dapat membuat sampai dengan 75 section pada formulir tersebut.