Find Us On Social Media :

Waspada! Ini Dampak Berbahaya Pakai Internet Gratisan Wi-Fi Publik

By Rizal, Jumat, 28 Januari 2022 | 15:30 WIB

Pakai WiFi Gratisan Rentan Dibobol Hacker, Ini Tips Pencegahannya

Saat ini beberapa pemerintah daerah, kota dan perusahaan swasta telah menyebar beberapa titik WiFi gratis di sudut kota dan daerah. Tentunya, kehadiran titik WiFi itu memudahkan masyarakat untuk berselancar Internet baik untuk bekerja maupun belajar.

Anda harus mengetahui beberapa risiko jika memakai internet gratisan Wi-Fi publik dilansir Makeuseof:

1. Tidak terenkripsi

WiFi menggunakan gelombang radio yang disiarkan berarti siapa pun dalam jangkauan dapat melihat semua yang Anda lakukan secara daring jika mereka memiliki perangkat lunak yang tepat. Tanpa perlindungan, siapa pun dapat melihat setiap situs yang Anda kunjungi, teks yang Anda kirim, dan informasi login di berbagai situs. WiFi publik berbeda dengan WiFi rumah karena itu bisa terenkripsi. Di sisi lain, WiFi publik jarang terenkripsi. Namun, Anda tetap bisa melindungi akun Anda dengan beberapa cara.

Anda bisa menggunakan OpenSSL, sejenis enkripsi yang ditawarkan oleh banyak situs web seperti Google, Facebook, dan sebagian besar bank. Teknologi ini mengenkripsi lalu lintas antara Anda dan situs lain yang artinya tidak ada yang bisa mengintip aktivitas Anda.

2. Risiko malware

Tempat Anda berselancar Internet gratisan mungkin saja menjalankan versi Windows yang lebih lama. Sehingga, sistem Internet itu rentan dengan serangan banyak bug dan tanpa perlindungan malware.

Dalam keadaan normal, mereka hanya membahayakan diri mereka sendiri, tetapi berkat WiFi publik, malware apa pun dapat berpindah ke milik Anda. Di Windows, Anda harus memastikan bahwa semua jaringan WiFi publik ditetapkan sebagai “Publik” dalam pengaturan keamanan Anda. Ini akan mematikan berbagi file lokal komputer Anda dan memblokir sebagian besar lalu lintas jaringan.

3. Waspada jebakan

Saat WiFi menjadi terjangkau dan tersebar luas, lebih banyak jaringan gratis yang bermunculan. Menghubungkan ke jaringan acak tanpa mengetahui penyedianya adalah aktivitas berisiko tinggi dan itu tidak disarankan karena sejumlah alasan.

Scammers telah mulai menyiapkan jaringan WiFi palsu dengan harapan mereka dapat mencuri kata sandi dan informasi pribadi lainnya. Jika Anda terhubung ke jaringan yang disebut sesuatu seperti “Wi-Fi gratis,” tanpa kata sandi yang diperlukan dan tidak ada layar pembuka, itu mungkin jebakan.

Intinya, ada beberapa poin penting yang perlu diingat jika Anda ingin tetap aman: