Find Us On Social Media :

Apa saja Produk-produk Terlaris di Pasar Ecommerce Indonesia?

By Rizal, Rabu, 2 Februari 2022 | 10:30 WIB

Ilustrasi belanja online ketika bulan Ramadan

Hasil survei perusahaan riset pasar atau market research Ipsos Indonesia melaporkan produk-produk terlaris di pasar Ecommerce Indonesia pada tahun lalu.

Hasilnya, produk fesyen dan aksesoris menjadi kategori paling banyak dibeli di tiga pemain utama e-commerce Indonesia, Shopee, Tokopedia, dan Lazada.

Ipsos melibatkan 1.000 responden yang memiliki pengalaman melakukan belanja online dengan menggunakan e-commerce setidaknya dalam dua tahun terakhir.

"Kita menanyakan bahwa saat berbelanja di e-commerce itu, barang apa sih yang mereka beli? Kategori apa? Dan untuk pemain-pemain utama e-commerce ini, ada kesamaan produk yang mempunyai tingkat pembelanjaan tertinggi, yaitu yang pertama adalah fesyen dan aksesoris," kata Gita Marino, Associate Director, OBV & CHP, Ipsos Indonesia.

Setelah kategori fesyen dan aksesoris, kategori kecantikan, perawatan, dan kesehatan menempati urutan kedua sebagai kategori yang paling banyak dibeli di Shopee, Tokopedia, dan Lazada, kemudian disusul oleh kategori kebutuhan sehari-hari atau daily product dan FMCG (Fast Moving Consumer Goods).

Di Bukalapak, kategori fesyen dan aksesoris juga menempati urutan pertama disusul kategori daily product dan FMCG, kemudian kategori kecantikan, perawatan, dan kesehatan.

Di Blibli, kategori yang mendominasi pembelian adalah kategori daily product dan FMCG, diikuti kategori fesyen dan aksesoris, kemudian kecantikan, perawatan, dan kesehatan.

"Jadi orang sudah mulai berbelanja daily product dan FMCG di e-commerce. Bahkan di Blibli, kategori pertama yang dibeli pengguna di platform tersebut adalah daily product dan FMCG," pungkasnya.

Ecommerce Terlaris

Perusahaan riset pasar atau market research Ipsos Indonesia melaporkan persaingan ecommerce selama akhir tahun 2021.

Hasilnya, Shopee menjadi perusahaan ecommerce paling banyak digunakan selama kuartal keempat (IV) pada tahun tersebut.

Ipsos melakukan survei tersebut terhadap 1.000 responden yang telah menggunakan e-commerce untuk berbelanja setidaknya dalam dua tahun ke belakang. Ipsos menggunakan empat indikator, yaitu BUMO (Brand Use Most Often) atau platform mana yang paling sering digunakan, kemudian Top of Mind atau platform yang ada di urutan pertama dalam benak konsumen, jumlah penggunaan dalam jumlah transaksi, dan nilai transaksi dalam tiga bulan terakhir