Find Us On Social Media :

Review Ugee S1060W: Menggambar Serasa Menggunakan Pena di Atas Kertas

By Dayu Akbar, Senin, 7 Februari 2022 | 10:00 WIB

Ugee S1060W.

Guna memenuhi kebutuhan para desainer grafis maupun ilustrator pemula, Ugee menghadirkan empat varian digital drawing tablet terbaru yang terdiri dari S640, S640W, S1060, dan S1060W. Perbedaan antara seri S640 dan seri S1060 terletak pada ukurannya, sedangkan embel-embel W menegaskan dukungan koneksi nirkabel alias wireless. Unit yang kami review kali ini adalah Ugee S1060W yang juga merupakan varian paling tinggi dari keempatnya.

Secara dimensi, Ugee S1060W punya ukuran 32,07 x 22,57 cm, sedangkan active area atau area yang bisa digunakan seluas 25,4 x 15,92 cm. Dengan ukuran yang lebih besar dibanding seri S640, S1060W cocok digunakan bagi yang menggunakan laptop atau PC desktop dengan layar besar. Selain itu, permukaan yang luas juga akan mempermudah proses desain yang membutuhkan detail, karena pengguna tidak perlu sering melakukan zoom in dan zoom out.

Dengan dimensi yang besar, Ugee menyematkan dua belas tombol pintasan alias shortcut yang ditempatkan pada bagian atas. Lebih banyak tombol pintasan pastinya akan lebih mempermudah proses desain, misalnya saja untuk mengatur zoom, eraser, eyedropper, save, dan undo/redo.

Pada bagian atas terdapat dua belas tombol pintasan dengan fungsi yang bisa diganti melalui peranti lunak ‘Ugee Pentablet’ yang perlu diunduh dulu secara terpisah.

Enam tombol ditempatkan pada sisi kiri dan enam tombol lainnya pada sisi kanan. Tombol-tombol bersangkutan berguna untuk memudahkan pengguna menjalankan fungsi tertentu. Menariknya, Anda bisa mengganti dan memilih fungsi yang diinginkan pada masing-masing tombol tersebut. Hal itu bisa dilakukan melalui peranti lunak “Ugee Pentablet” yang mesti diunduh terlebih dahulu dari situs resminya.

Pada bagian tengah terdapat lampu indikator sebagai penanda aktivitas serta koneksi yang sedang digunakan drawing tablet alias graphics tablet atau pen tablet tersebut. Ugee S1060W mendukung dua koneksi yaitu kabel dan nirkabel. Untuk kabel menggunakan spesifikasi terbaru, yakni USB Type-C. Sudah disediakan pula kabel USB Standard-A to USB Type-C dalam paketnya untuk menghubungkan Ugee S1060W dengan komputer. Sementara, untuk nirkabelnya menggunakan Bluetooth yang perlu di-pairing dulu dengan komputer melalui USB (Standard-A) wireless receiver yang juga disertakan pada paketnya.

Selain tablet, pada paketnya terdapat pena digital, sepuluh nib, pen clipper, kabel USB Standard-A to USB Type-C, dua adapter USB Standard-A to USB Type-C, USB wireless receiver, buku panduan, dan kartu garansi.