Find Us On Social Media :

Instagram Segera Luncurkan Fitur Terbaru Video Call dan Kamera AR

By Adam Rizal, Kamis, 3 Mei 2018 | 15:25 WIB

Ilustrasi Video Call dari Instagram

Facebook akan mempermak Instagram dengan meluncurkan tiga fitur terbaru sekaligus yaitu fitur video call, kamera Augmented Reality (AR) dan laman Explore yang didesain ulang yang segera hadir dalam beberapa bulan mendatang.

Fitur video call memungkinkan pengguna melakukan panggilan video dalam kelompok kecil dan meminimalisasi layar video selama ngobrol. Instagram belum mengungkapkan berapa banyak pengguna yang bisa berpartisipasi menggunakan fitur tersebut. Cara kerjanya, pengguna hanya perlu mengetuk ikon kamera di atas Direct Message antara kamu dengan pengguna yang akan ditelepon via video. Untuk membuat sebuah grup obrolan atau thread direct message di Instagram, pengguna hanya perlu mengetuk pada ikon pesawat kertas di sudut kanan atas feed lalu ketuk ikon tambah (+). Kemudian, Anda tinggal pilih dua orang atau lebih untuk membuat grup obrolan.

Selain fitur Video Call, laman Explore Instagram akan menampilkan tombol di bagian atas halaman yang kini membentuk carousel. Pengguna pun akan memiliki beberapa opsi untuk menggeser subjek tertentu, misalnya hewan, fotografi, dan arsitektur untuk melihat unggahan-unggahan lain yang spesifik seperti dikutip The Verge.

Laman Explorer terbaru itu akan memudahkan pengguna untuk mencari konten yang sesuai dengan ketertarikannya. Sebelumnya, Instagram Explore merupakan laman tempat Instagram mengumpulkan berbagai unggahan yang mungkin disukai penggunanya. Laman itu untuk membuat pengguna bisa menemukan konten, orang, atau merek baru untuk diikuti.

Ilustrasi kamera AR Facebook

Kamera AR

Kini pengguna Instagram bisa merasakan platform augmented reality (AR) Facebook yaitu Camera Effect Platform yang hadir tahun lalu. Fitur yang disebut AR Studio itu memungkinkan pengguna Instagram menggunakan kamera dan efek berteknologi AR untuk berbagi foto, video dan Instragram stories.

"Kreator dapat mendesain pengalaman kamera yang unik, interaktif, termasuk filter wajah dan efek dunia," ujar Mark Zuckerberg (CEO Facebook) dalam ajang Developer F8 di Amerika Serikat (AS).

Selain menggunakan filter AR, pengguna juga bisa mencoba efek yang telah digunakan pengguna lain di Instagram Stories. Untuk debut AR Studio, Instagram akan menggandeng beberapa pihak seperti penyanyi pop Ariana Grande, NBA, Vogue, dan Kylie Jenner.

Sebagai langkah awal, mereka akan menyediakan filter yang bisa digunakan para pengikutnya di Instagram.

Ilustrasi Instagram Stories yang terintegrasi dengan Spotify

Spotify dan GoPro