Find Us On Social Media :

Bermitra dengan MoEngage, Alfagift Alami Peningkatan Transaksi Pelanggannya

By Rafki Fachrizal, Rabu, 9 Februari 2022 | 12:15 WIB

Ilustrasi Alfagift

Alfagift, divisi digital Alfamart yang menyediakan pengalaman belanja ritel dan manfaat keanggotaan secara online dan offline, telah bermitra dengan MoEngage untuk menghadirkan pengalaman ritel terhubung yang mulus dan lebih intuitif untuk para pelanggan.

Melalui kemitraan ini, Alfagift telah mengalami peningkatan sebesar 45% dalam basis transaksi bulanan pelanggan dan tingkat retensi 75% dari H0 ke H90.

“MoEngage memungkinkan kami untuk meningkatkan visi Alfagift dan memberikan pengalaman belanja yang relevan dan personal bagi pelanggan, terutama karena e-commerce terus berkembang pesat,” kata Erick Alviyendra, Head of IT, Global Loyalty Alfagift.

“Kami telah mampu mempertahankan lebih dari 50% pelanggan melalui aplikasi, yang memberikan hasil signifikan bagi brand kami. Hal ini menunjukkan bahwa apa yang kami lakukan berhasil, dan kami bertujuan untuk membangun pendekatan ini,” sambung Erick.

Sebanyak 15.000 gerai Alfamart di berbagai kota sudah semakin populer karena ketersediaan produk, variasi kategori, dan kemudahan berbelanja.

Namun, tim Alfagift ingin meningkatkan pengalaman pelanggan dengan memungkinkan pelanggan berbelanja dari mana saja dan kapan saja.

Alfagift diluncurkan dengan visi untuk menjadi aplikasi e-commerce untuk para pelanggan setia, serta memungkinkan pelanggan untuk merasakan pengalaman belanja pribadi dengan manfaat yang luar biasa seperti penawaran, diskon, dan loyalty point, serta produk yang lebih beragam seperti di toko fisik Alfamart.

Saat ini, Alfagift menjadi salah satu dari 10 aplikasi teratas di Indonesia, dengan lebih dari 10 juta unduhan di Android dan iOS.

Namun, dengan basis pelanggan aktif yang berkembang, pengaturan manual dari proses keterlibatan pelanggan terdahulu terbukti cukup rumit dan belum sempurna.

Hal ini menyebabkan kesenjangan dalam menganalisis jumlah Pengguna Aktif Harian (DAU) dan Pengguna Aktif Bulanan (MAU), yang pada akhirnya menyebabkan penurunan dan penghapusan aplikasi seluler.

Dengan visi untuk membuat Alfagift lebih intuitif dan relevan bagi pelanggan, Alfagift bermitra dengan MoEngage dan merancang strategi keterlibatan pelanggan berbasis wawasan yang akan:

Meningkatkan keterlibatan dan retensi pelanggan pada aplikasi dengan menciptakan perjalanan pelanggan: Menggunakan Alur MoEngage, Alfagift memungkinkan pelanggan untuk terlibat di setiap langkah perjalanan pembelian mereka. Alfagift melihat adanya 29% peningkatan dalam perjalanan pemasangan aplikasi hingga pendaftaran.

“Ketika industri e-commerce semakin terus berkembang, sangat penting bagi brand seperti Alfagift untuk menonjol dari kerumunan melalui pengalaman pelanggan yang dipersonalisasi dan seamless serta bermakna dan relevan,” ujar Saurabh Madan, General Manager SEA dan ANZ, MoEngage.