Find Us On Social Media :

Begini Cara Jitu Bikin Baterai HP Anda Tidak Cepat Boros dan Awet

By Rizal, Jumat, 11 Februari 2022 | 09:30 WIB

10 Tips Hemat Baterai Ponsel

Salah permasalahan smartphone adalah baterai yang cepat habis dalam waktu singkat. Apalagi, jika HP sering digunakan dan usia HP yang sudah lama dan turut mempengaruhi umur baterai.

Penyebab baterai cepat boros juga bisa disebabkan oleh beragam faktor seperti faktor layar hingga sinyal.

Berikut penyebab baterai HP cepat habis seperti dikutip Android Authority:

1. Cahaya layar

Layar dapat menyedot daya baterai yang cukup besar. Karena itu, Anda bisa menurunkan tingkat pencahayaan layar dengan mengatur mode Auto Brightness (Pencahayaan Otomatis). Mode itu memungkinkan layar ponsel bisa mendeteksi lingkungan sekitar dan menyesuaikan cahaya yang ditampilkan pada layar. Selain itu, pengguna juga dapat mengaktifkan mode gelap (Dark Mode) sehingga tampilan pada aplikasi akan didominasi dengan warna hitam. Anda juga dapat menurunkan refresh rate ke pengaturan terendah untuk menghemat daya baterai.

2. Aplikasi

Media sosial dan aplikasi chatting merupakan contoh jenis aplikasi yang bisa berjalan di background dan akan tetap aktif meski sedang tidak digunakan. Aplikasi yang berjalan di background juga bisa menguras daya baterai, apabila jumlah aplikasi yang berjalan cukup banyak.

Karena itu, pengguna bisa menutup aplikasi-aplikasi yang berjalan di background untuk mengurangi beban baterai. Menutup paksa aplikasi juga bisa memangkas penggunaan daya pada ponsel. Cara ini bisa diakses melalui menu Settings > Apps > pilih aplikasi yang diinginkan > Force Stop.

Selain aplikasi, game juga bisa menyedot daya besar. Game yang dimainkan dengan durasi lama tidak hanya bisa menguras baterai, tapi juga membuat ponsel menjadi panas.

3. Sinyal

Biasanya baterai HP lebih cepat terkuras ketika berada di wilayah yang sulit menjangkau sinyal seluler karena HP Anda terus-menerus bekerja untuk mencari sinyal. Tak heran, hal itu bisa menghabiskan daya baterau dengan cepat meski dalam kondisi tidak digunakan.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan mengaktifkan mode pesawat (Airplane Mode) jika sedang berada di wilayah yang sulit sinyal. Menonaktifkan fitur pelacakan lokasi (GPS) dan Bluetooth, serta beralih menggunakan jaringan 4G juga bisa dilakukan untuk mengatasi masalah yang sama.