Find Us On Social Media :

Qualcomm Tegaskan Keunggulan Snapdragon 8 Gen 1 Sehubungan Kamera, Apa Saja?

By Cakrawala, Kamis, 17 Februari 2022 | 09:00 WIB

Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1.

Qualcomm baru-baru ini menyampaikan kembali keunggulan yang ditawarkan SoC (system on chip) flagship andalan terbarunya, Snapdragon 8 Gen 1. Secara khusus, Qualcomm menegaskan keunggulan sehubungan kamera yang hadir pada Snapdragon 8 Gen 1. Qualcomm menegaskan bahwa Snapdragon 8 Gen 1 dengan berbagai fitur sehubungan kamera yang ditawarkannya; membolehkan pengguna smartphone untuk mengambil gambar dengan kualitas yang lebih baik dari bila menggunakan SoC smartphone kebanyakan maupun sebelumnya, seperti hlanya Snapdragon 888/888+ yang merupakan flagship sebelumnya. Penegasan tersebut dilakukan Qualcomm secara virtual di hadapan para jurnalis Asia Tenggara.

"Smartphone yang ditenagai oleh Snapdragon pada dasarnya adalah suatu kamera dengan kualitas profesional yang muat dimasukkan ke dalam kantong Anda. Snapdragon sarat dengan teknologi kamera dan AI yang terdepan," sebut Dominikus Susanto (Senior Manager, Business Development Qualcomm Indonesia). "Setiap foto dan video akan memesona," tegasnya.

Aneka fitur premium sehubungan kamera pada Snapdragon 8 Gen 1 itu disebut Qualcomm dengan Snapdragon Sight. Apa saja fitur-fitur tersebut? Beberapa di antaranya adalah kedalaman bit yang lebih tinggi, kecepatan pemrosesan yang lebih tinggi, mode malam yang lebih baik, dan dukungan HDR (high dynamic range) pada resolusi video tertinggi; tentunya dibandingkan generasi sebelumnya. Adapun komponen yang paling menjadi bintang pada kemampuan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 sehubungan kamera, bisa dibilang adalah ISP (image signal processor)-nya yang mengalami peningkatan signifikan dibandingkan Qualcomm Snapdragon 888.

ISP

Bila Qualcomm Snapdragon 888 hadir dengan triple ISP 14 bit, Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 hadir dengan triple ISP 18 bit. Tak hanya itu, ISP pada Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 juga bisa memproses dengan kecepatan sampai 3,2 gigapiksel per detik, sedangkan ISP pada Qualcomm Snapdragon 888 hanya sampai 2,7 gigapiksel per detik. Sebenarnya terdapat satu lagi ISP pada Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1. Namun ISP itu berlokasi di Sensing Hub dan ditujukan untuk kamera always-on. Kamera always-on misalnya bisa dimanfaatkan untuk mendeteksi pengguna sehingga ketiga pengguna meninggalkan smartphone-nya, smartphone berrsangkutan bisa otomatis terkunci.

Hadirnya tiga ISP membuat Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 bisa mengambil gambar dari tiga kamera/sensor secara sekaligus seperti sebelumnya. Namun, kedalaman warna per kanal yang 18 bit membuat Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 bisa menangkap warna dengan gradasi yang lebih halus dari Qualcomm Snapdragon 888; Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 bisa menangkap data yang berjumlah 4.096 kalinya Qualcomm Snapdragon 888. Dengan kata lain, bila sensor kamera yang digunakan mendukung, Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 bisa menangkap warna yang lebih menyerupai aslinya.

Sementara, kecepatan pemrosesan yang bisa lebih tinggi — sampai 3,2 gigapiksel per detik — memungkinkan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 memproses data lebih cepat dari Qualcomm Snapdragon 888. ISP dengan kecepatan pemrosesan 3,2 gigapiksel per detik itu misalnya membantu Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 untuk bisa mengambil gambar 36 MP @ 30 fps tanpa shutter lag dari tiga kamera secara sekaligus — masing-masing kamera 36 MP @ 30 fps. Qualcomm Snapdragon 888 sendiri bisa melakukannya hanya sampai 28 MP. Begitu pula dengan gambar beresolusi yang lebih tinggi dari satu kamera; Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 bisa mengambil gambar 108 MP @ 30 fps tanpa shutter lag, sedangkan Qualcomm Snapdragon 888 bisa mengambil gambar hanya sampai 84 MP @ 30 fps tanpa shutter lag.

Dominikus Susanto (Senior Manager, Business Development Qualcomm Indonesia) ketika menjelaskan keunggulan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 kepada para jurnalis Asia Tenggara secara virtual belum lama ini.