Find Us On Social Media :

Nih! Deretan Tips Agar Jualan Online di Tokopedia Laris Manis

By Rafki Fachrizal, Jumat, 18 Februari 2022 | 19:00 WIB

Ilustrasi Jualan Online

Jika Anda memiliki toko online di Tokopedia, tentu tidak asing lagi dengan persaingan bisnis toko online di platform tersebut.

Di Tokopedia, hampir semua penjual adalah pemilik UMKM lokal yang tersebar dari berbagai wilayah di Indonesia.

Untuk memastikan bisnis toko online Anda tetap berjalan dan terus berkembang, maka harus menerapkan strategi yang tepat agar dapat bersaing dengan penjual lainnya yang ada di Tokopedia.

Sebagai bagian dari strategi untuk bersaing dengan penjual lain di Tokopedia, berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan di toko online Anda:

1. Branding Toko

Brand atau merek adalah segala sesuatu yang terkait dengan perusahaan, produk, atau layanan, semua atribut, baik yang berwujud maupun tidak berwujud.

Untuk mempertahankannya, sebuah toko online perlu untuk memiliki brand identity (identitas merek) yang merupakan komponen visual yang ada membentuk sebuah merek.

Brand identity ini mencakup logo, tipografi, warna, dan juga kemasan. Ini sangat diperlukan agar toko online Anda selalu melekat di pikiran para calon pembeli.

2. Penulisan Nama Produk

Perhatikan dengan teliti setiap penulisan nama produk yang Anda jual. Dengan penulisan nama produk yang baik, maka potensi produk itu ditemukan di kolom pencarian oleh calon pembeli menjadi lebih besar.

Dalam hal penulisan nama produk, ada dua hal yang perlu diperhatikan. Pertama, beri nama produk dengan kata kunci yang sering diketik calon pembeli pada kolom pencarian.

Kedua, berikan nama produk dengan rumus: Jenis/kategori + Merek + Keterangan (model/pola, tipe, atau warna) + Kata Promosi.

Berikut contoh penulisan yang benar: Gitar Listrik Gibson Original Bahan Berkualitas.