Find Us On Social Media :

Ini Rahasia XL Axiata Raup Pendapatan Rp26,8 Triliun Tahun Lalu

By Rizal, Selasa, 22 Februari 2022 | 15:00 WIB

XL Axiata

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) sukses mencatatkan pendapatan sebesar Rp26,8 triliun pada tahun lalu. Jumlah itu meningkat 3 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu (YoY) dan laba bersih sebesar Rp1,3 triliun.

Selain itu, XL Axiata juga berhasil meningkatkan kekuatan jaringan untuk meningkatkan customer experience dan digitalisasi, yang turut mendukung efisiensi bisnis serta peningkatan penjualan.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini mengatakan perusahaan telah membelanjakan capex yang lebih besar pada tahun lalu untuk meningkatkan kualitas jaringan dan meningkatkan digitalisasi untuk menghadirkan customer experience yang terbaik.

"Fokus kami bukan untuk merespon persaingan tarif layanan, tetapi lebih pada memberikan customer experience terbaik dan menciptakan nilai bagi pelanggan kami," katanya dalam keterangan resminya.

Dian menambahkan konsolidasi dalam industri akan positif untuk persaingan karena telah menciptakan struktur industri yang lebih seimbang.

"Ini berarti fokus para pelaku pasar mustinya lebih tertuju pada customer experience daripada memainkan tarif," ujar dia.

Karena itu, investasi XL Axiata pada jaringan serta digitalisasi menjadi strategi perseroan guna menyajikan customer experience terbaik. Hingga akhir 2021, total jumlah BTS XL Axiata mencapai lebih dari 162.282 unit, dengan BTS 4G meningkat menjadi 77.204. Sementara itu, fiberisasi telah mencakup lebih dari 50 persen site.

Area yang terlayani jaringan 4G juga bertambah menjadi sebanyak 458 kota/kabupaten. Terus meningkatnya kekuatan jaringan XL Axiata tersebut searah dengan tingkat penggunaan layanan data yang lebih tinggi oleh pelanggan.

Selama periode 12 bulan di 2021, trafik data XL Axiata meningkat pesat hingga naik 34 persen YoY ke 6.549 Petabyte. Hal ini juga selaras dengan kecepatan akses internet yang meningkat sebesar 20 persen sejak awal tahun.

Akses internet yang lebih cepat berdampak positif pada pemakaian aplikasi digital, termasuk aplikasi milik perusahaan, yaitu “myXL” dan “Axisnet”. Kedua aplikasi masing-masing mengalami peningkatan hingga 3,5x dalam pengguna aktif bulanan sejak awal pandemi.

Peningkatan investasi yang telah XL Axiata implementasikan telah terbukti sangat mendukung peningkatan performa bisnis, terutama pada sisi efisiensi biaya serta peluang untuk meningkatkan penjualan produk.

Hasilnya, penetrasi layanan konvergensi ini telah mencapai 11 persen, yang berarti menunjukkan kuatnya permintaan atas produk ini. Akuisisi Linknet yang baru saja dilakukan akan sangat mendukung pengembangan produk konvergensi ini di masa mendatang.