Find Us On Social Media :

Intel Lengkapi Prosesor Mobile-nya dengan Intel Alder Lake P dan U

By Cakrawala, Kamis, 24 Februari 2022 | 22:45 WIB

Intel Core Generasi ke-12 dengan codename Intel Alder Lake P.

Beberapa waktu lalu Intel telah mengumumkan kehadiran lini prosesor Intel Core Generasi ke-12 dengan codename Intel Alder Lake untuk mobile alias untuk laptop dan 2 in 1 di dunia. Seperti yang InfoKomputer sampaikan di sini, terdapat tiga seri dari Intel Alder Lake mobile; yakni H, P, dan U. Kala mengumumkan kehadiran Intel Core Generasi ke-12 dengan codename Intel Alder Lake untuk laptop dan 2 in 1 itu, yang diluncurkan Intel adalah Intel Alder Lake H alias yang paling tinggi.

Nah, kemarin Intel secara resmi meluncurkan lini prosesor yang lebih rendah, yakni Intel Alder Lake P dan Intel Alder Lake U yang 15 W, di dunia. Begitu pula yang ultra mobile, Intel Alder Lake U yang 9 W. Peluncuran Intel Core Generasi ke-12 dengan codename Intel Alder Lake P dan Intel Alder Lake U tentu melengkapi Intel Core Generasi ke-12 untuk mobile, serta menawarkan opsi yang lebih banyak bagi merek laptop dan 2 in 1 plus konsumen di dunia. Intel pun mengeklaim Intel Core Generasi ke-12 baru tersebut menawarkan peningkatan kinerja dibandingkan generasi sebelumnya, Intel Core Generasi ke-11 dengan codename Intel Tiger Lake U — UP3 dan UP4.

“Setelah peluncuran prosesor mobile tercepat kami khusus untuk gaming, kami sekarang memperluas jajaran prosesor Intel Core Generasi ke-12 untuk menghadirkan lompatan performa yang luar biasa untuk laptop thin-and-light. Dari form factor ultratipis hingga performa sekelas laptop enthusiast dalam desain yang ramping, kami memberikan performa terdepan dan teknologi mutakhir kepada konsumen dan dunia bisnis,” ujar Chris Walker (Intel corporate Vice President and General manager of Mobility Client Platforms).

Sekadar mengingatkan, seri P merupakan seri baru yang tidak tersedia pada generasi sebelumnya. Dengan kata lain seri P baru tersedia pada Intel Core Generasi ke-12 untuk mobile dan belum tersedia pada Intel Core Generasi ke-11 untuk mobile. Intel menyebutkan Intel Alder Lake P memiiliki base power 28 W. Adapun yang lain, Intel menyebutkan Intel Alder Lake H ber-base power 45 W serta Intel Alder Lake U memiliki base power 15 W dan 9 W. Khusus Intel Alder Lake U yang 9 W ukuran paketnya lebih kecil dan masuk dalam ultra mobile.

Intel Core Generasi ke-12 ber-codename Intel Alder Lake U terdiri atas yang ber-base power 15 W (kiri) dan yang ber-base power 9W. Yang ber-base power 9W memiliki paket yang lebih kecil dan masuk dalam ultra mobile.

Intel Core Generasi ke-12 dengan codename Intel Alder Lake sendiri merupakan prosesor hibrida dalam artian menggunakan arsitektur CPU hibrida; mengandung core CPU dengan dua arsitektur berbeda. Salah satu arsitektur adalah untuk kinerja dan arsitektur satunya lagi adalah untuk efisiensi. Intel Alder Lake mengandung core CPU dengan arsitektur ber-codename Intel Golden Cove dan core CPU dengan arsitektur ber-codename Intel Gracemont. Intel Golden Cove adalah yang untuk kinerja, sedangkan Intel Gracemont adalah yang untuk efisiensi. Core untuk kinerja disebut juga dengan P-core, sedangkan core untuk efisiensi dengan E-core. Menemani P-core dan E-core adalah Intel Thread Director. Intel Thread Director berfungsi untuk membantu sistem operasi menempatkan suatu beban kerja atau thread pada core CPU yang paling optimal sesuai dengan kondisi saat itu.

Memiliki base power yang lebih rendah, Intel Core Generasi ke-12 dengan codename Intel Alder Lake P dan Intel Alder Lake U sewajarnya menawarkan kinerja yang tidak setinggi Intel Core Generasi ke-12 ber-codename Intel Alder Lake H. Sejalan dengan itu, Intel Alder Lake P dan Intel Alder Lake U juga tidak menyediakan PCI Express 4.0 x8 untuk kartu grafis tambahan. Dengan kata lain, Intel Core Generasi ke-12 ber-codename Intel Alder Lake P dan Intel Alder Lake U tidak ditujukan untuk dipasangkan dengan kartu grafis tambahan. Adapun untuk GPU-nya alias grafis terintegrasinya, Intel Alder Lake P dan Intel Alder Lake U mengandung EU sampai 96 seperti Intel Alder Lake H. Kedua Intel Core Generasi ke-12 yang diluncurkan ditujukan untuk perangkat yang lebih tipis dan ringan dari yang ditenagai Intel Alder Lake H. Begitu pula yang lebih ringkas.

Hadir dengan base power yang lebih rendah dari Intel Core Generasi ke-12 dengan codename Intel Alder Lake H (kanan), Intel Core Generasi ke-12 dengan codename Intel Alder Lake P menawarkan dukungan memori utama, GPU, dan I/O yang sama, tetapi tidak menyediakan PCI Express 4.0 x8 untuk kartu grafis tambahan.