Find Us On Social Media :

Demi Iklan, Durasi Video TikTok Akan Diperpanjang hingga 10 Menit

By Rizal, Kamis, 24 Februari 2022 | 09:00 WIB

TikTok

Saat ini TikTok adalah platform video berbagi terpopuler di media sosial. TikTok pun memperpanjang durasi video hingga 10 menit dari yang sebelumnya hanya 3 menit. Hal itu akan membuat para kreator konten di TikTok akan lebih leluasa membuat video karena durasinya diperpanjang.

Saat ini TikTok sedang menguji fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengunggah video sepanjang 10 menit karena TikTok ingin memasukkan iklan ke dalam video. Bytedance beranggapan kehadiran video yang lebih panjang, akan ada lebih banyak ruang untuk iklan.

Tentunya, pemasukan iklan akan membuat TikTok mendapatkan lebih banyak uang dan keuntungan. Demi Iklan, TikTok berani mengubah tradisinya yang selama ini terkenal dengan video pendek yang langsung menginspirasi lahirnya Instagram Reels dan YouTube Shorts. 

Hingga saat ini belum ada informasi lebih lanjut kapan durasi video bakal resmi ditambah hingga 10 menit seperti dikutip Gizmochina.

Sebelumnya, TikTok sedang menguji coba fitur Repost yang memudahkan pengguna untuk membagikan ulang konten orang lain. Beberapa pengguna telah melihat tombol Repost baru di aplikasi TikTok. Menurutnya hasil video yang telah di-repost hanya dapat dilihat oleh followers dari akun pengguna tersebut.

Medsos Terbesar ke-3

Perusahaan riset Insider Intelligence memprediksi TikTok akan menjadi media sosial terbesar ketiga di dunia. Bahkan, pengguna aktif TikTok akan mengalahkan Twitter dan membuntuti Facebook dan Instagram.

Insider Intelligence memprediksi TikTok akan memiliki pengguna aktif 755 juta orang pada 2022. Sebagai perbandingan, pertumbuhan pengguna TikTok mencapai 59,8 persen pada 2020 dan 40,8 persen pada 2021.

Sementara itu Facebook memiliki pengguna aktif bulanan sebesar 2,1 miliar pada 2022 sekaligus menjadi media sosial terpopuler di dunia saat ini. Jumlah pengguna aktif Facebook mengalami pertumbuhan sebesar 6 persen dari tahun ke tahun (year-on-year/YoY).

Tepat di bawah Facebook, Instagram diprediksi akan mempunyai total 1,28 miliar pengguna aktif dalam satu tahun ke depan. Sedangkan, dua posisi terbawah diisi oleh Snapchat dan Twitter dengan prediksi jumlah aktif masing-masing sebesar 464 juta dan 345,3 juta di tahun 2022.

Berikut 5 media sosial beserta jumlah pengguna aktif yang akan diperoleh pada tahun ini seperti dikutip Insider Intelligence:

1. Facebook (2,1 miliar pengguna)