Find Us On Social Media :

Review Jabra Evolve2 40: Headset Profesional untuk Rapat Daring

By Dayu Akbar, Sabtu, 26 Februari 2022 | 13:00 WIB

Jabra Evolve2 40.

Jabra, produsen audio asal Denmark, menghadirkan sejumlah headset premium terbaru yang salah satunya adalah Jabra Evolve2 40. Headset ini ditujukan untuk pekerja profesional yang hadir dengan fitur dan spesifikasi sedikit di atas seri Evolve2 30. Evolve2 40 juga punya posisi di bawah Evolve2 65 yang memiliki perbedaan berupa dukungan koneksi nirkabel.

Punya beberapa varian, headset ini tersedia dalam dua pilihan konektor yaitu USB Standard-A dan USB Type-C. Secara umum, dua pilihan konektor tersebut tidak berpengaruh dari sisi kualitas. Pilihan tersebut hanya untuk memudahkan pengguna dalam menentukan koneksi yang bakal digunakan. Porta USB Type-C sendiri tersedia pada PC dan smartphone generasi yang lebih baru.

Salah satu alasan digunakannya konektor USB Standard-A dan bukannya plug atau jack audio 3,5 mm dikarenakan headset ini memiliki (lampu) LED pada sisi luar bantalannya. USB memang memiliki keunggulan karena tidak hanya bisa menyalurkan listrik, melainkan juga menyalurkan sinyal suara digital untuk speaker dan dari mikrofon sekaligus, serta sinyal digital lain untuk pengaturan efek.

Mikrofon dengan desain boom arm juga memiliki fungsi untuk mematikan dan menghidupkan fungsi mikrofon secara cepat.

Unit yang kami uji memiliki konektor USB Standard-A. Varian headset yang kami uji ini punya nama lengkap Jabra Evolve2 40 USB-A MS Teams Stereo. Penamaan MS Teams menegaskan bahwa headset ini punya sertifikasi Microsoft Teams. Jadi headset ini sudah dioptimalkan untuk penggunaan aplikasi tersebut. Sementara, penamaan Stereo adalah fungsi audionya yang menggunakan dua speaker secara stereo, yaitu pada sisi kiri dan sisi kanan. Jabra memang menyediakan versi Mono yang hanya menggunakan satu speaker.

Dukungan LED sendiri hadir sebagai penanda saat pengguna sedang sibuk menjawab panggilan telepon, khususnya saat menggunakan aplikasi yang mendukungnya, seperti Microsoft Teams. LED yang terletak pada tiap sisi bantalan tersebut akan menyala sesuai dengan aktivitasnya. Misalnya, saat ada panggilan telepon masuk pada aplikasi Microsoft Teams, LED akan berwarna hijau; saat Anda menjawab panggilan, LED akan berwarna merah. Sementara, ketika koneksi baru terhubung, LED akan berwarna ungu. LED otomatis akan mati saat pengguna selesai melakukan komunikasi.

Tombol pada earcup sebelah kanan masing-masing memiliki fungsi untuk volume suara, play/pause, serta mematikan mikrofon.